Teknologi Starter ESP Motor Honda Matik

By Categories : Tekno

Semakin hari teknologi semakin maju dalam berbagai bidang. Kemajuan teknologi ini didukung dengan perangkat yang memadai. Salah satu teknologi pada kendaraan bermotor yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu adalah teknologi ESP pada motor matic Honda. Honda merupakan salah satu perusahaan asal Jepang yang memproduksi berbagai kendaraan termasuk mobil dan motor.

Untuk di Tanah Air merk Honda tentu sudah tidak asing lagi entah itu pada kendaraan bermotor atau untuk mobil. Honda terus melakukan inovasi agar tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan lain sebagainya. Teknologi terbaru yang digunakan Honda untuk kendaraan jenis matic seperti merk Honda Beat.

teknologi starter ESP

Teknologi ESP sendiri merupakan singkatan dari “Enhaned Smart Power”, teknologi tersebut merupakan rangkaian dari mesin dengan generasi terbaru untuk model matic milik Honda. Teknologi ini memiliki berbagai kemajuan yang dimiliki untuk kendaraan jenis matic besutan dari Honda. Dengan adanya teknologi starter ESP ini kendaraan matic akan lebih efisien dalam hal energi dan juga pembakaran. Dengan begitu maka kendaraan memiliki performa lebih baik, irit baha bakar, dan juga ramah lingkungan dibandingkan dengan kendaraan matic biasa.

Teknologi starter ESP telah didukung dengan berbagai komponen-komponen di dalamnya. Setiap komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda, komponen tersebut diantaranya sebagai berikut:

Offset Cylinder

Offset Cylinder merupakan salah satu komponen yang ada pada teknologi ESP. Komponen yang satu ini berfungsi untuk mengurangi jumlah gesekan yang terjadi antara silinder dan piston dengan cara mengatur ulang posisi dari silinder.

ACG Starter

ACG Starter berfungsi dalam mengurangi gesekan yang terjadi, sehingga kondisi mesin akan lebih halus ketika dihidupkan. Komponen ini juga mendukung fitur Idling Stop System atau disebut dengan ISS.

Squish

Komponen berikutnya adalah Squish yang berfungsi untuk membuat proses pembakaran dan juga pengapian dapat bekerja lebih maksimal dan lebih cepat.

Tumble

Komponen Tumble berfungsi untuk membantu agar penyebaran bahan bakar yang digunakan merata, sehingga akan memberikan proses pembakaran yang lebih baik.

Roller Type Rocker Arm

Komponen ini juga menggunakan Shell Type Bearing untuk porosnya, sehingga akan membantu mengurangi beban dari pagas katup dan juga dari gesekan.

Spinny Sleeve

Komponen selanjutnya adalah Spinny Sleeve yang berguna untuk mengurangi gesekan dan distorsi, dengan begitu akan menjaga bentuk lingkaran agar tetap sempurna.

Selain komponen, terdapat beberapa teknologi sebagai pendukung teknologi starter ESP seperti:

  • Teknologi CBS yang membuat pengendara ketika menarik tuas rem kiri maka secara otomatis rem belakang dan depan dapat bekerja secara maksimal serta bersamaan.
  • Teknologi ISS yang berguna dalam mengurangi emisi pada kendaraan serta konsumsi dari bahan bakar ketika kondisi sedang diam. Dengan hadirnya teknologi pendukug ISS maka ketika menyalakan mesin lagi hanya diperlukan memutarkan sedikit tuas gas saja.
  • Teknologi PGM-FI yang akan membuat kendaraan matic Honda akan lebih ramah lingkungan, sehingga membuat bahan bakar lebih efisien.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai teknologi starter ESP Motor Honda Matic yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Cara kerja radiator motor sebagai pendingin mesin.

Loading...