Teknologi Rudal Tercanggih di Dunia

By Categories : Tekno

Rudal adalah merupakan senjata roket militer yang dapat dikendalikan atau mempunyai kendali yang otomatis yang dapat mencari target. Rudal ini sering digunakan untuk roket yang dapat di kendalikan.

rudal tercanggih di dunia

Berikut ini adalah rudal tercanggih di dunia.

Rudal kendali balistik
Ini adalah merupakan peluru kendali yang memakai sistem lintasan trayektori yang di tentukan balistik ke dalam sistem pengiriman. Rudal kendali ini dikendalikan untuk dalam masa peluncurannya saja. Rudal kendali balistik yang pertama yakni roket V 2 yang telah di kembangkan oleh nazi jerman pada tahun 1930 atas instruksi Dornberger. Mempunyai tahap peluncuran yang berawal dari puluhan detik sampai beberapa menit yang terdiri dari 3 tingkatan roket. Rudal ini terdiri dari 3 tahap yakni tahap peluncuran, terbang bebas dan fase memasuki atsmofer bumi.

Rudal kendali jelajah
Rudal ini memaki sayap dan menggunakan jet untuk tenaga penggerak. Rudal kendali ini intinya adalah sebagai bom terbang. Rudal kendali jelajah di desain untuk membawa hulu ledak konvensional dalam jumlah yang besar, bahkan nuklirpun dapat menjangkau ratusan mil dengan akurasi yang tinggi. Rudal kendali jelajah modern dapat terbang dengan kecepatan supersonik dan juga menggunakan sistem kendali otomatis, terbang dengan ketinggian yang rendah untuk menghindari radar. Rudal jelajah yang pertama kali di kembangkan yakni Kettering Bug yang di kembangkan amerika serikat pada tahun 1917 dan digunakan dalam perang dunia I.

Rudal kendali darat ke udara
Rudal kendali yang diluncurkan dari darat dan bertujuan untuk menghancurkan pesawat. Rudal jenis ini sering dikenal dengan SAM (Surface to Air Missile). Rudal yang dikendalikan dari darat ke udara diluncurkan dari lokasi kendaraan rudal. SAM juga bisa diluncurkan dari kapal perang contohnya adalah kapal perang Aegis.

Rudal kendali udara ke udara
Rudal kendali udara ke udara mempunyai arti yakni rudal yang di pasang di pesawat tempur dengan menggunakan target untuk menghancurkan pesawat musuh. Rudal ini bisa mendeteksi target dengan menggunakan radar pelacak. Rudal ini pada umumnya mempunyai bentuk panjang, silinder yang tipis untuk mengurangi efek efek gesekan pada kecepatan yang tinggi.

Rudal kendali anti satelit
Rudal ini berfungsi sebagai menghancurkan satelit musuh. Untuk rudal jenis ini umumnya masih relatif dan masih dalam masa pengembangan. Contoh dari rudal ini adalah rudal satelit weapons (ASAT) yang dapat diluncurkan dari pesawat.

Rudal kendali anti tank
Rudal ini mempunyai fungsi yang utama yakni menghancurlan tank atau kendaraan lapis baja dan sejenisnya. Rudal ini mempunyai macam – macam jenis. Jenis yang pertama yakni rudal generasi yang pertama yaitu AG – 3 Sagger yang dapat di kendalikan dengan joystick. Rudal generasi yang kedua yakni AGM – 114 yang dapat di kendalikan dengan gelombang radio. Generasi yang ketiga yakni FGM – 148 buatan amerika serikat dan juga telah menggunakan pelacak inframerah dan gelombang militer.

Loading...