Teknologi Robot Canggih yang Pernah Diciptakan Manusia

By Categories : Tekno

Saat ini teknologi robot semakin berkembang dan mampu menirukan gerakan manusia. Bahkan, banyak yang menganggap jika robot di masa depan akan menggantikan peran manusia. Ini terbukti dari banyaknya teknologi robot canggih yang mampu memberikan manfaat untuk manusia. Robot-robot tersebut mampu menirukan gerakan manusia dan hewan peliharaan. Di negara maju, robot sudah mulai dikembangkan untuk kepentingan publik.

Teknologi robot canggih

Berikut adalah teknologi robot canggih di dunia

  1. Tume Neko Smile: the robo-cat

Ini merupakan robot yang menyerupai kucing peliharaan. The Yumi Smile memiliki bentuk yang mirip sekali dengan kucing. Robot ini diciptakan oleh Segatoys dan memiliki berat 4,5 pound dengan tinggi 13 inci. Yume Neko dlengkapi dengan 5 sensor yang dapat bereaksi ketika terkena sentuhan. Yang menarik dari robot ini adalah mampu berkedip, menggerakan leher, mulut, menaikkan pantat, serta mendengkur. Yume Neko juga akan marah jika bagian ekornya tersentuh. Ini menjadi salah satu solusi bagi orang yang menyukai kucing tetapi alergi pada bulunya.

  1. Murataseiko-chan

Teknologi robot canggih selanjutnya adalah robot sepeda satu roda. Robot ini diciptakan oleh produsen alat elektronik Murata Manufacturing Co. Murataseiko memiliki keseimbangan karena mampu bekerja dengan menggunakn satu roda. Robot ini juga mampu mendeteksi benda yang menjadi halangan dengan senornya. Selain itu Murataseiko dilengkapi dnegan bluetooth dan kamera untuk mengirim sinyal video.

  1. Toyota Humanoid

Jepang merupakan negara maju dengan bermacam-macam teknologi canggih di dalamnya. Beberapa saat lalu teknologi terbaru Jepang memperkenalkan robot baru yang mampu bermain biola. Robot ini diciptakan oleh Toyota dan memiliki tinggi 1,5 meter dan mahir memainkan biola.

  1. AR

Di Jepang, terdapat robot pelayan bernama AR atau Assistant Robt. Robot ini cukup tangguh dalam mengerjakan pekerjaan rumah seperti mengepel, mencuci, dan membersihkan dapur. Namun robot ini belum bisa diproduksi secara masal. Menurut produsen, teknologi robot canggih ini dapat diproduksi masal membutuhkan waktu dua dekade. Sehingga ini menjadi salah satu teknologi masa depan yang banyak ditunggu.

  1. Landshark

Robot ini diciptakan untuk misi perdamaian dunia. Di desain oleh Black-i Robotics, LandShark bertugas untuk menjinakan bom dan menyelamatkan prajurit yang terlukan di medan perang.

  1. EMA

Robot dari Jepang ini sungguh mengagumkan karena memiliki sensor yang canggih. Teknologi robot canggih ini terlihat dari sensor yang mampu menangkap orang disekitar kemudian robot tersebut akan menciumnya, bernyanyi, dan bergoyang. Robot ini di desain oleh Sega dengan tinggi 38 cm.

  1. QRIO

QRIO adalah robot yang sering melakukan pertunjukan dan dijual oleh Sony. Robot ini mengikuti kesuksesan mainan AIBO sebelumnya. QRIO memiliki berat 7,3 kg dan tinggi 60 cm. Teknologi robot canggih ini tidak diragukan lagi karena, robot ini dilengkapi sensor yang mampu mendeteksi suara dan wajah sehingga mampu mengingat orang lain.

Loading...