Teknologi Mobil Hybrid Masa Kini

By Categories : Tekno

Ide manusia akan teknologi memang tiada habisnya, dari masa ke masa banyak teknologi yang ditawarkan membuat decak kagum oleh masyarakat luas. Mungkin saat ini yang paling menonjol yaitu mengenai teknologi dari ponsel smartphone, ponsel pintar yang saat ini paling dicari oleh banyak masyarakat dan hampir semua masyarakat memilikinya, karena selain untuk komunikasi fitur lain yang terdapat pada ponsel smartphone ini sangat memudahkan masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Masih banyak lagi teknologi yang canggih lainnya yang masyarakat butuhkan. Salah satu teknologi yang mungkin banyak masyarakat belum mengetahuinya yaitu teknologi mobil hybrid. Baca juga Mobil pintar ciptaan Google.

Teknologi Mobil Hybrid Masa Kini

Mobil hybrid merupakan kendaraan roda empat yang menggunakan dua jenis teknologi untuk sumber tenaganya. Biasanya terdapat pada mobil yang memiliki mesin serta baterai sebagai sumber tenaga. Salah satu tenaga ini menjadi sumber daya utamanya dan yang lain sebagai cadangan atau kedua tenaga ini digunakan secara berbeda pada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan menggunakan tenaga yang satunya. Teknologi mobil hybrid ini sebenarnya bekerja dengan berbagai cara. Mobil hybrid didukung oleh mesin bensin dan juga charge untuk sebuah baterai. Banyak juga mobil hybrid mengisi baterai dengan menggunakan energi yang diambil melalui sistem pengereman. Mobil hybrid biasanya beralih antara bensin dan baterai pada saat yang diperlukan, Sebagai contoh: Pada posisi dimana mobil sedang dalam keadaan limit bensin seketika itu pengemudi bisa mengalihkannya pada tenaga baterai sehingga mobil bisa terus bergerak hingga bensin terisi kembali.

Hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat yang tinggal di kota padat seperti Jakarta yang terkenal macetnya. Bayangkan jika dalam keadaan macet dan posisi bensin sudah menipis lalu tiba-tiba mobil mogok di tengah jalan dan dalam posisi macet akan sangat merepotkan dan menyulitkan pengemudi yang lainnya, keadaan macet pun makin parah. Bila dengan mobil hybrid hal tersebut bisa teratasi dengan menggunakan tenaga baterai yang menggantikan bensin untuk sementara waktu. Dengan adanya mobil hybrid ini sangat baik untuk kendaraan karena dapat menghemat bensin. Mobil hybrid memiliki efisiensi bensin dua kali lipat daripada model mobil biasa. Hal yang menguntungkan lain yaitu mobil meminimalisir polusi yang dikeluarkan pada saat penggunaan, karena mobil hybrid membakar lebih sedikit bahan bakar.

Teknologi mobil hybrid ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1977 dan pelopor dari mobil hybrid ini berasal dari negara Jepang. Pada saat itu mobil hybrid mulai dianggap sebagai alternatif untuk kendaraan bensin. Seiring berjalannya waktu, mobil hybrid pun mengalami perkembangan yang memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang hemat energi dan baik untuk lingkungan dan saat ini juga banyak perusahaan otomotif yang menawarkan produk mobil hybridnya yang terbaru. Baca juga Teknologi mobil paling canggih.

Loading...