Teknologi Idling Stop System pada Honda Matik

By Categories : Tekno

Setelah pada pembahasan beberapa waktu membahas mengenai teknologi starte ESP pada motor Honda Matik, pada pembahasan kali ini membahas mengenai Teknologi ISS (Idling Stop System) pada motor Honda. Honda merupakan salah satu perusahaan besar Jepang yang bergerak di bidang otomotif dengan produksi kendaraan bermotor dan mobil.

Perusahaan asal Jepang tersebut berkomitmen melakukan berbagai inovasi termasuk kepedulian terhadap lingkuran sekitar. Kepeduliannya tersebut membuat pihak Honda untuk menggunakan teknologi yang disebut dengan Idling Stops System (ISS). Dengan adanya teknologi tersebut tentunya membuat kendaraan motor besutan Honda lebih ramah terhadap lingkungan serta mengurangi efek karbon dari kendaraan.

Teknologi Idling Stop System pada Honda Matik

Teknologi tersebut digunakan oleh produsen kelas dunia tersebut pada Honda Beat, Honda Vario, dan Honda PCX 150. Nah untuk mengetahui lebih lagi mengenai teknologi Idling Stop System (ISS) pada Honda, yuk ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Teknologi Idling Stop System (ISS)

Teknologi Idling Stop System merupakan sistem yang digunakan untuk mematikan mesin dengan cara otomatis ketika kendaraan berhenti sejenak terutama berada di lampu merah. Dengan adanya teknologi ini tentu saja dapat mengurangi penggunaan bahan bakar dengan begitu pembuangan gas karbon dapat menurun. Di samping lebih hemat bahan bakar sampai dengan 37 persen serta ramah lingkungan, teknologi Idling Stop System juga membuat kinerja mesin lebih efisien.

Cara Kerja Idling Stop System (ISS)

Untuk menggunakan sistem tersebut jangan lupa untuk memastikan posisi tombol dari Idling Stop sudah ditekan. Dengan begitu maka lampu indikator secara otomatis akan menyala pada speedometer. Ketika motor akan berjalan maka sensor secara otomatis memberitahukan pada Engine Control Module guna mengaktifkan Idling Stop.

Ketika kendaraan berjalan dan kemudian berhenti selama minimal 3 detik maka Engine Control Module memerintahkan mesin agar berhenti. Ketika mesin mati, lampu indikator pada speedometer akan bekerdip yang menandakan bahwa teknologi idling stop aktif dan sedang digunakan.

Untuk menghidupkan motor, pengguna hanya perlu menggunakan handle gas kembali. Ketika handle gas dibuka maka Throttle Possition Sensor memberikan sinyal menuju Engine Control Module guna memberitahukan pada alternator untuk menghidupkan mesin kembali secara otomatis tanpa menekan starter otomatis. Dengan begitu maka motor akan dapat menyala dan berjalan kembali.

Hal tersebut akan terus terjadi ketika tombol Idling Stop System diaktifkan, namun jika tombol tersebut sedang tidak aktif atau tidak di tekan untuk aktif maka teknologi tersebut tidak akan bekerja. Syarat agar teknologi tersebut bekerja adalah sudah mengaktifkan tombol Idling Stop dengan cara menekannya, suhu mesin paling tidak melebihi 60 derajat celcius, handle gas dalam tertutup penuh (terjadi pada saat berhenti di lampu merah), serta motor dalam keadaan berhenti paling tidak selama 3 detik.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai teknologi Idling Stop System pada Honda Matic. Berkat teknologi ini emisi karbon yang berasal dari bahan bakar dikurangi sampai dengan 7 persen dibandingkan dengan motor lainnya yang belum menggunakan teknologi ini. Hal tersebut diuji oleh Honda dengan menggunakan metode ECE R40. Untuk 1 liter, Vario Techno 125 CBS dengan teknologi ISS mampu menempuh jarak 76,1 km.

Baca juga artikel mengenai Kelebihan dan kelemahan teknologi Injeksi.

Loading...