Teknologi Fiber Optik Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

By Categories : Tekno

Fiber optik merupakan salah satu saluran transisi atau juga sejenis kabel yang dibuat dari serat kaca ataupun plastik yang sangat halus. Kabel fiber optik secara umum lebih kecil dibandingkan dengan kabel biasanya serta digunakan dalam menstransmisikan sinyal dari tempat satu ke tempat lain. Teknologi fiber optik tentunya memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan manusia seperti menstransmisikan sinyal.

teknologi fiber optik

Dalam dunia komputer jenis kabel fiber optik ini sering digunakan untuk mendapatkan akses internet. Kecepatan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi kabel fiber optik juga lebih baik jika dibandingkan dengan kabel biasanya. Ini dikarenakan fiber optik dibuat dengan menggunakan teknologi canggih. Untuk lebih lanjut mengenai teknologi kabel fiber optik silahkan ikuti pada pembahasan di bawah ini!

Berikut Teknologi Fiber Optik beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagai kabel yang pembuatannya menggunakan teknologi canggih, kabel fiber optik banyak ditemukan untuk instalasi pada jaringan tingkat menengah diantaranya untuk perusahaan-perusahaan besar ataupun instalasi pada suatu pemerintahan yang membutuhkan kemampuan yang sangat cepat.

Selain menghubungkan dari gedung satu ke gedung lainya, teknologi fiber optik juga dibangun dan digunakan di dalam laut untuk menghubungkan antar kota di berbagai negara maju di dunia. Kabel fiber optik terdiri dari inti yang berbahan dasar dari serat kaca dengan lapisan di dalamnya. Lapisan tersebut mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Kabel ini tidak berbeda jauh dengan kabel lainnya seperti kabel UTP ataupun kabel STP.

Inti kabel fiber optik dilindungi dengan lapisan pelindung guna melindungi bagian inti yang terbuat dari serat kaca tersebut. Konektor yang digunakan oleh fiber optik adalah konektor ST, selain konektor tersebut baru-baru ini juga diperkenalkan konektor lain yakni konektor SC. Perlu diketahui bahwa teknologi kabel fiber optik ini memiliki kecepatan transfer data mencapai angka 100 Mbps ke atas, bahkan bisa mencapai angka 1000 Mbps atau 1Gbps.

Kelebihan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi fiber optic seperti :

  • Teknologi kabel fiber optik dapat memancarkan sinyal lebih jauh jika dibandingkan dengan kabel jenis lain. Terlebih lagi teknologi kabel ini tidak membutuhkan penguat sinyal atau disebut dengan repeater. Jika dibutuhkan tidak dipasang setiap 5 km layaknya kabel jenis lain, melainkan setiap 20 km.
  • Teknologi kabel fiber optik dapat diaplikasikan di dalam gedung, di bawah tanah, sampai dengan di dalam air sekaligus dengan kriteria serta karakteristik kabel yang berbeda-beda.
  • Seperti pada penjelasan di atas bahwa teknologi dengan menggunakan fiber optik memiliki akses atau kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan dengan jenis kabel lain seperti UTP.

Meski memiliki berbagai kelebihan ternyata teknologi ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya seperti:

  • Jika terjadi kerusakan teknologi dengan fiber optik membutuhkan perbaikan instalasi jaringan yang sangat kompleks sehingga akan membutuhkan seorang ahli di bidang tersebut.
  • Harga dari kabel fiber optik cenderung sangat mahal jika dibandingkan dengan harga kabel jenis lainnya seperti UTP yang dikenal dengan harga yang terjangkau.
  • Mengingat teknologi ini menggunakan bantuan gelombang cahaya dalam menstransmisikan data, maka jaringan ini tidak bisa diaplikasikan pada jalur dengan belokan tajam. Jika memang jalur tersebut memiliki belokan, maka perlu dibuatkan belokan yang melengkung dan tidak terlalu tajam.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa teknologi fiber optik beserta kelebihan dan kekurangannya. BAca juga artikel tentang Penemuan penting dalam teknologi komunikasi.

Loading...