Teknologi Combi Brake System (CBS) pada Motor

By Categories : Tekno

Dengan seiringnya teknologi yang semakin canggih membuat banyak perusahaan terus melakukan inovasi salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif. Setiap kendaraan dilengkapi dengan sistem pengereman masing-masing. Fungsi pengereman pada motor bukan berarti menghentikan motor secara mendadak, melainkan untuk memperlambat laju dari motor secara bertahap. Dengan laju yang memperlambat membuat motor dapat berhenti sampai dengan kecepatan 0 km/jam.

Teknologi Combi Brake System (CBS)

Teknologi Combi Brake System (CBS) merupakan salah satu teknologi sistem pengereman yang saat ini banyak diaplikasi pada beberapa merk kendaraan. Salah satu produsen yang menggunakan teknologi tersebut adalah Honda. Honda menggunakan teknologi Combi Brake System pada tipe seperti Vario Techno. CBR 250R, Honda Beat, dan juga Vario CW 110 FI.

Dengan hadirnya teknologi pengereman tersebut tentunya membuat pengereman jauh lebih optimal pada rem belakang maupun rem depan. Untuk penggunaan rem depan jarak pengereman lebih pendek, sedangkan untuk pengereman menggunakan rem belakang lebih panjang. Jika keduanya dikombinasikan dapat menghasilkan proses pengereman lebih maksimal. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi mengenai teknologi tersebut, simak pembahasannya di bawah ini!

Berikut Teknologi Combi Brake System (CBS) pada Motor

Pengertian Teknologi Combi Brake System

Teknologi Combi Brake System merupakan sistem pengereman menghubungkan kedua rem pada motor yakni rem depan dan rem belakang. Ketika menekan tuas rem tangan maka rem depan maupun rem belakang akan berfungsi dan bekerja secara bersamaan. Dengan hadirnya teknologi ini maka pada saat melakukan pengereman dapat lebih seimbang dibandingkan dengan motor yang tidak menggunakan teknologi ini.

Terdapat banyak keuntungan yang bisa diambil berkat Teknologi Combi Brake System (CBS) diantaranya meminimalisir ketidakseimbangan penggunaan rem yang bisa mengakibatkan pengendara jatuh berkat porsi antara rem depan dan rem belakang seimbang.

Cara Kerja Teknologi Combi Brake System

Ketika tuas rem tangan sebelah kiri digunakan (untuk motor non kopling) maka gaya bekerja guna membagikan tenaga takanan dari tuas rem tangan menjadi dua yakni menuju rem belakang sementara yang satu menuju tuas ungkit yang berguna menekan konocker. Konocker tersebut selanjutnya menekan piston hidrolik yang membuat rem cakram depan aktif. Pada proses ini pula sistem pengereman terbagi menjadi otomatis pada kedua rem yakni rem belakang dan depan.

Bagi seseorang yang baru mempelajari cara berkendara motor, dengan adanya teknologi ini lebih aman khususnya pada saat melakukan proses pengereman. Ini dikarenakan seperti pada penjelasan di atas bahwa Teknologi Combi Brake System membuat motor jauh lebih seimbang ketika menekan tuas rem tangan sebelah kiri (pada motor matic) yang menghasilkan keseimbangan antara rem depan dan rem belakang.

Meskipun terdapat teknologi ini seperti pada Honda Vario 125 CBS, pengguna juga tetap perlu menekan tuas rem tangan kanan guna proses deselerasi agar tetap berjalan lancar. Demikianlah tadi pembahasan mengenai Teknologi Combi Brake System (CBS) yang digunakan pada motor.

Baca juga artikel mengenai Teknologi Idling stop system pada Honda matic.

Loading...