Teknik Shutter Speed Kreatif untuk Fotografi Landscape

By Categories : Tekno

Bagi penggemar fotografi landscape, ada banyak cara untuk menambahkan ekspresi dari hasil foto yang Anda potret, salah satunya adalah dengan mengubah parameter shutter speed. Dengan teknik shutter speed Anda akan memperoleh variasi foto yang berbeda dan lebih menarik dibanding foto lainnya.

Teknik shutter speed

Berikut teknik shutter speed yang bisa Anda coba

  1. Shutter speed kreatif “air terjun”

Cara paling tepat untuk memotret air terjun adalah dengan menggunakan speed paling lambat. Anda cukup mengatur aperture pada f/22 dan ISO 100 sehingga mampu menghasilkan sutter speed hanya 2,5 detik. Pada hasil bidikan dengan teknik shutter speed ini air akan terlihat seperti kapas. Agar hasil lebih sempurna, carilah air terjun yang memilii air yang jernih dan tanpa sampah. Untuk menggunakan shutter sepeed ini dibutuhkan tripod agar hasil lebih maksimal.

  1. Shutter speed kreatif “jejak lampu”

Untuk mendapatkan foto jejak lampu sangat cocok dilakukan pada saat remang atau malam hari. Teknik shutter speed ini tidak bisa dilakukan pada kondisi jalan yang macet. Hal ini karena kondisi cahaya yang tidak bergerak seperti lampu kendaraan yang terkena macet tidak akan menghasilkan ligh trail yang bagus. Dalam teknik ini Anda dapat mengatur shutter pada f/22 ISO 100, 35 mm.

  1. Shutter speed kreatif “buih laut/aliran sungai”

Jika Anda memiliki flter FD, Anda dapat menggunakan teknik sutter speed ini pada sore hari. Misalnya dnegan memotret ombak laut dengan shutter speed 5 detik atau lebih lambat lagi. Sehingga Anda akan menghasilkan ombak laut yang menyerupai kabut lembut. Semakin lembut foto yang dihasilkan maka akan terlihat semakin dramatis.

  1. Shutter spedd kreatif “ membekukan ombak”

Teknik shutter speed ini menggunakan shutter tercepat, biasanya di atas 1/250 detik. Ada dapat menunggu momen yang tepat agar hasil yang didapatkan lebih indah. Saat menggunakan teknik ini semakin panjang rentang fokal lensa maka semakin dramatis hasil foto yang didapat.

  1. Shutter speed kreatif “foto star trail”

Ini merupakan foto jejak bintang yang harus memiliki beberapa syarat antara lain langit yang cerah, udara bersih atau bebas polusi, dan harus sabar. Tekniknya adalah dengan embuka shutter kamera dalam waktu yang lama berulang-ulang. Untuk menghasilkan foto star trail yang perlu disiapkan adalah tripod, kabel rilis shutter, dan tripod.

  1. Shutter speed kreatif “zooming”

Teknik shutter speed yang yang terakhir adalah zooming pada objek bergerak. Dengan teknik ini, Anda harus menggunakan kecepatah shutter sekitar 1-5 detik. In tergantung pada kreatifitas Anda. Ada banyak objek yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pohon. Apalagi didkung dengan ohon yang memiliki daun atau bunga yang cerah. Hasil foto yang didapatkan juga akan lebih menarik.

Loading...