Teknik Dasar Fotografi Bagi Pemula

By Categories : Tekno

Dalam dunia fotografi terdapat berbagai teknik dalam penggunaannya. Untuk menghasilkan gambar yang bagus dibutuhkan komposisi pengaturan yang tepat. Selain itu faktor peralatan juga mempengaruhi hasil dari pengambilan gambar. Biasanya para fotografer benar-benar memperhatikan peralatan mereka seperti kamera, lensa, dan lain sebagainya. Membutuhkan perawatan khusus untuk menghindarkan dari berbagai hal yang tidak diinginkan (Baca Juga Tips Merawat Kamera DSLR).

Rata-rata harga kamera DSLR tidaklah murah, dan relatif mahal. Oleh karena itu pula perawatan khusu harus dibutuhkan. Bagi para pemula tentu membutuhkan teknik dasar yang harus dikuasai ketika memegang kamera DSLR. Lalu apa saja teknik dasar fotografi bagi pemula? Untuk Anda pemula berikut adalah ulasannya.

teknik dasar fotografi

Teknik Dasar Fotografi Bagi Pemula

1. Ketika Anda memotret di kondisi yang minim akan cahaya dan kesusahan dalam menggunakan autofocus, maka sebaiknya gantilah dengan menggunakan manual fokus. Fitur autofokus yang ada pada kamera biasanya akan cukup lama dalam mencari titik fokus di kondisi cahaya yang agak kurang. Nah selain itu gunakanlah iso sebagai dukungan pada kondisi cahaya yang kurang memadai.

2. Untuk menghasilkan foto siluet, pastikan Anda mematikan flash pada kamera Anda entah itu flash eksternal maupun flash internal atau bawaan. Untuk kamera digital biasa gunakan mode sunset pada kamera biasanya terdapat pada kamera pocket, sedangkan untuk kamera DSLR gunakanlah mode manual dengan ukurlah eksposure di area terang yang ada di belakang obyek yang akan Anda ambil.

3. Bagi Anda yang ingin melakukan foto panning dengan maka potretlah benada yang sedang bergerak dengan kecepatan normal. Biasanya teknik ini sedikit susah untuk dipahami bagi pemula. Namun dengan adanya latihan terus maka bukan jadi teknik panning ini akan Anda kuasai. Cobalah untuk mengambil obyek yang bergerak normal, seperti orang yang sedang naik sepeda, atau sedang naik motor. Untuk mengambil gambar pastikan shutter speed maksimal 1/30 detik, lebih lambat maka lebih bagus. Yang terpenting adalah perhatikan background Anda.

4. Ketika memotret usahakan untuk melihat area yang paling terang yang masuk ke dalam viewfinder Anda. Jika kondisi cahaya terlalu terang dan mencolok maka gantilah posisi ke sudut pemotretan lainnya. Selain itu Anda perlu memperhatikan mengenai iso, serta eksposure agar hasil pengambilan gambar tidak terlalu terang atau berlebihan.

5. Untuk menghasilkan foto klasik seperti hitam putih, cara terbaik untuk mendapatkannya adalah dengan memperhatikan kontras dalam foto yang Anda ambil. Semakin banyak kontras (pada area gelap dan terang yang beragam), maka semakin bagus foto hitam dan putih Anda sehingga akan menamplak sebuah foto dengan nilai klasik.

6. Mengunduh buku manual versi pdf tentang fotografi merupakan langkah yang tepat untuk pemula. Sehingga Anda akan mudah untuk melakukan pencarian yang tepat dan akurat. Apalagi buku manual tentang fotografi sudah banyak tersedia di internet dengan berbagai teknik fotografi, selain itu Anda harus meng-eksplornya dengan ide Anda sendiri.

Nah itulah beberapa teknik dasar fotografi bagi pemula, masih banyak lagi tips dalam fotografi lainnya. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Daftar Pesawat Tempur Indonesia

Loading...