Sumber Energi Terbarukan di Indonesia

By Categories : Tekno

Energi terbarukan merupakan sumber enregi yang digunakan oleh manusia dalam berbagai kebutuhan energi pada suatu negara. Energi terbarukan ini sangat cepat dalam proses pemulihannya dengan kembali secara alami serta berkelanjutan. Sumber energi terbarukan ini berasal dari sumber daya energi yang berasal dari alam yang secara alami tidak akan habis asal dikelola dengan baik dan benar.

Di Indonesia sudah banyak sumber energi terbarukan yang digunakan dalam berbagai kebutuhan energi. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi energi terbarukan yang sangat berlimpah. Dulunya konsep energi terbarukan ini dikenal oleh dunia pada tahun 1970-an.

Selain dapat diperbaharui lagi energi terbarukan ini dianggap lebih bersih, aman, dan juga terjangkau bagi kalangan masyarakat. Oleh karena itu energi terbarukan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dibandingkan dengan energi non terbarukan. Lalu apa saja sumber energi terbarukan di Indonesia? Langsung saja simak ulasan dibawah ini!

Sumber Energi Terbarukan di Indonesia

Sumber Energi Terbarukan di Indonesia

Biofuel

Biofuel merupakan bahan bakar hayati, sumber energi terbarukan ini dapat berupak bahan bakar dengan bentuk padat, cair, cair, dan juga gas yang dihasilkan oleh bahan-bahan organik. Sumber biofuel ini biasanya dari tanaman yang memiliki kandungan kadar gula tinggi seperti tebu salah satunya dan juga tanaman yang mempunyai kandungan minyak nabati yang tinggi seperti kelapa sawit, ganggang, dan lain sebagainya.

Biomassa

Sumber energi terbarukan berikutnya adalah Biomassa. Biomassa ini merupakan jenis energi terbarukan yang berasal dari organisme hidup dan juga yang telah lama mati atau yang belum lama mati. Contoh sumber bimassa diantaranya adalah bahan bakar limbah, kayu, dan juga alkohol. Nah di Indonesia sendiri memiliki pembangkil listrik biomassa seperti halnya PLTBM Pulubala yang ada di Gorontalo dengan memanfaatkan tongkol jagung. Hal tersebut tentu saja aman terhadap lingkungan, dan tidak mencemari lingkungan.

Panas Bumi

Energi panas bumi adalah sumber energi terbarukan berikutnya yang berasal dari alam yang dihasilkan dan disimpan dalam bumi. Energi panas bumi ini dianggap dan diyakini sebagai energi yang dapat digunakan cukup ekonomis, berkelanjutan, berlimpah, dan juga ramah akan lingkungan. Di Indonesia memiliki beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi seperti PLTP yang ada di Sibayak di Sumatera Utara, PLTP Dieng di Jawa Tengah, PLTP Lahendong yang ada di Sulawesi Utara, dan juga PLTP Salak, Jawa Barat.

Air

Setiap manusia membutuhkan air untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, air juga digunakan sebagai sumber energi. Sumber energi air didapatkan dengan cara memanfaatkan energi kinetic dan juga energi potensial yang ada pada air. Saat ini sudah sekitar 20% konsumsi listrik di seluruh dunia dipenuhi dengan menggunakan pembangkit Listrik Tenaga Air. Di Indonesia sudah banyak PLTA yang tersebar di berbagai wilayah. Baca juga Dampak Positif Video Game

Angin

Sumber energi terbarukan di Indonesia yang selanjutnya adalah angin. Energi angin dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk menghasilkan energi listrik. Dengan menggunakan media kincir angin yang bertujuan untuk mengubah energi angin menjadi energi kinetic atau energi listrik. Salah satu pemanfaatan energi angina di Indonesia adalah Pembangkit Listrik Tenaga Angin Samas yang ada di Bantul, Yogyakarta.

Nah itulah beberapa sumber energi terbarukan di Indonesia, adapula sumber energi terbarukan lainnya seperi tenaga matahari atau surya yang digunakan pada PLTS beberapa wilayah di Indonesia, energi gelombang air laut, dan juga energi pasang surut. Baca juga artikel lainnya Launcher untuk Android Gratis

Loading...