Software Partisi Hardisk untuk Windows

By Categories : Software

Software partisi hardisk sangat dibutuhkan untuk membagi kapasitas hardisk menjadi beberapa partisi. Dengan membagi menjadi beberapa partisi untuk kebutuhan penyimpanan. Aplikasi ini sangat berguna dalam mempartisi hardisk internal yang sudah diinstal sistem. Dengan begitu akan sangat memudahkan untuk partisi antara sistem, multimedia, dan juga dokumen.

Bagi pengguna PC atau laptop yang sudah terinstal sistem operasi dan ingin merubah partisi hardisk mereka maka memerlukan software partisi. Lalu apa saja software partisi hardisk untuk Windows? Untuk mengetahui lebih lanjut di bawah ini terdapat beberapa software partisi yang bisa Anda coba gunakan.

harddisk partition

Berikut Software Partisi Hardisk untuk Windows

EaseUS Partition Manager

Salah satu software partisi hardisk untuk Windows yang pertama adalah EaseUS Partition Manager. Software ini sangat populer di kalangan pengguna PC yang biasanya menggunakan sistem operasi Windows. EaseUS Partition Manager memiliki fitur seperti menambahkan serta mengurangi partisi hardisk, membantu membersihkan ruang disk kosong, dan banyak lagi. Bagi Anda yang ingin memiliki fitur lebih lengkap maka dapat meng-upgradenya untuk versi pro dengan biaya yang sudah ditentukan. EaseUS Partition Manager dapat berjalan pada sistem operasi Windows 7 dan juga Windows 8. Aplikasi ini sudah terbukti sangat berguna untuk mempartisi hardisk pada PC maupun pada laptop.

Paragon Partition Manager

Software partisi berikutnya adalah Paragon Partition Manager. Untuk software ini juga tidak kalah bagusnya dengan EaseUS Partition Manager. Paragon Partition Manager juga memiliki fitur yang lengkap guna menambah atau mengurangi kapasitas pada setiap partisi yang diinginkan. Pihak pengembang aplikasi ini memastikan bahwa Paragon Partition Manager dapat berjalan pada sistem operasi Windows XP, Windows 7, dan juga Windows 8. Adapun fitur utama dari Paragon Partition Manager diantaranya menambah atau mengurangi partisi, membuat dan memformat partisi, merubah nama tipe disk, dan banyak lagi. Untuk mencobanya silahkan mengunduhnya terlebih dahulu melalui situs resminya paragon-software.com. Baa Juga Cara Menyembunyikan File atau Folder di PC

MiniTool Partition Wizard

Software partisi hardisk untuk Windows lainnya adalah MiniTool Partition Wizard. Software yang satu ini juga dapat diunduh secara gratis dengan fungsi untuk mempartisi hardisk. Kelebihan dari software ini adalah dapat digunakan untuk hardisk internal dan hardisk eksternal. MiniTool Partition Wizard dapat bekerja pada pengguna Windows XP, Windows 7 dan juga Windows 8. Fitur utama yang dimiliki Partition Wizard seperti menyembunyikan, merubah tipe disk, menambah dan mengurangi partisi, dan banyak lagi. Untuk mengunduhnya silahkan melalui situs resmi yakni partitionwizard.com.

Parted Magic

Yang keempat adalah software Parted Magic yang juga bisa diunduh secara gratis. Fitur yang dimiliki Parted Magic diantaranya seperti test disk, partimage, dll. Sementara untuk fungsi dari Parted Magic seperti membuat partisi, menghapus partisi, memindahkan, memperluas partisi, dan bisa juga untuk memformat harddisk internal dan eksternal.

Gparted

Software ini mampu mengedit partisi pada harddisk Anda. Gparted memiliki fitur utama yaitu mengubah ukuran, memindahkan partisi tanpa menghilangkan data, dan menyalin data. Selain itu, fitur lain yang dapat Anda gunakan adalah menciptakan ruang dengan membuat sistem baru. Untuk dapat menggunakan software ini minimal dibutuhkan RAM 256 MB dengan sistem operasi Windows.

Active@ Partition Manager

Software partisi hardisk untuk windows selanjutnya adalah Active@ Partition Manager. Software gratis ini merupakan software yang digunakan untuk mengelola perangkat dengan membuat partisi. Selain itu Active Partition Manager juga dapat membuat, menghapus, serta memformat partisi pada harddisk. Beberapa sistem file yang mendukung adalah FAT, NTFS + EFS, MacOS HFS +, Unix UFS, Linux Exr2 / Exr3 / Exr4, BtrFS. Software ini dapat dijalankan pada sistem operasi Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.

 AOMEI Partition Assistant

Ini merupakan software partisi gratis yang memiliki fungsi untuk pengguna rumahan. AOMEI Partition Assistant dapat digunakan untuk meningkatkan partisi. Terdapat 4 fitur utama yang dapat Anda pakai yaitu merge partition, rezise partition, partition split, serta partition copy. Selain itu, Anda juga dapat mengelola partisi secara keseluruhan.

Ranish Partition Manager

Software partisi hardisk selanjutnya adalah Ranish Partition Manager. Software ini adalah editor frreware yang digunakan untuk partisi disk Anda, kloning disk, serta boot manager. Ranish partition Manager mampu memberikan tingkat kontrol yang tinggi dalam menciptakan sistem multi-boot. Software ini tersedia di love CD freeware systemRescueCd serta Ultimate Boot CD.

Partition Logic

Salah satu aplikasi manajemen harddisk freeware yang berguna untuk mengelola harddisk, memperluas, memodifikasi partisi yang terdapat di dalam harddisk. Aplikasi ini dapat dijalankan menggunakan floppy disk, CD, atau bootabale USB.

PartitionGuru

Ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat recovery atau pemulihan yang sangat baik dan merupakan program untuk partisi harddisk yang kuat.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa software partisi hardisk untuk Windows. Baca Juga Smartwatch Murah Berkualitas 2015

Loading...