Sejarah Berdirinya Youtube

By Categories : Internet

Pada tanggal 15 februari 2005 YouTube di dirikan di San Mateo, California, Amerika Serikat oleh Steve Chen, Jawed Karim dan Chad Hurley. Jawed Karim sendiri merupakan karyawan PayPall yang pertama. Hurley kuliah di University Pennsylvania dan mengambil jurusan desain, dan Chen dan Karim kuliah di University of Illinois at Urbaga champaign dan mengambil jurusan ilmu komputer.

youtube

Cerita yang berdedar di media saat itu, hurley dan chen pada bulan pertama tahun 2005 dan mengalami masalah ketika akan berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di Fransisico, dengan kejadian itu mereka mengembangkan di youtube. Waktu itu karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut, dan chen berkomentar tentang ide youtube tersebut di cetuskan setelah ada pesta makan “dan di perkuat dengan metode – metode pemasaran yang terpusat dan menciptakan sebuah cerita yang dapat di pahami oleh konsumen”.

Youtube sendiri berasal dari sebuah perusahaan teknologi yang merintis dan di danai dari investasi senilai dengan $11,5 juta yang sumbernya dari Sequoia Capital di november 2005 dan april 2006. youtube sendiri pertama kali berkantor di restoran jepang di San Mateo, California dan di atas sebuah pizzeria. Dengan menggunakan nama domain www.youtube.com yang telah aktif pada 14 februari 2005 dan dari waktu ke watu situs ini terus dikembangkan pada bulan – bulan selanjutnya.

Me at the zoo adalah merupakan video pertama kalinya di youtube. Pada video tersebut menampilkan jawed karim di san diego zoo. Video tersebut di upload pada 23 april 2005, dan saat ini video tersebut masih ada.

Dengan nama domain www.youtube.com banyak menunculkan masalah dengan situs yang sama, seperti www.utube.com pemilik situs tersebut yakni Universal tube dan rollform equipment akhirnya mengajukan tuntutan hukum terhadap situs youtube.com pada november 2006. Dengan kejadian tersebut universal tube mengubah namanya menjadi www.utubeonline.com.

Google inc telah mengumumkan bahwa telah membeli youtube dengan nilai sebesar $1,65 miliar dalam bentuk saham di bulan oktober 2006. persetujuan tersebut di selesaikan pada 13 november 2006. pihak google sendiri tidak memberikan informasi secara rinci mengenai biaya operasional youtube dan juga pendapatan youtube di tahun 2007 dan ditulis dengan tidak bermaterai di formulir tersebut.
Huley akhirnya mengundurkan diri dari jabatan CEO youtube dan menjadi penasihat perusahaan pada oktober 2010 dan Salar Kamangar telah mengambil alih perusahaan tersebut.

Di bulan november 2011 google meluncurkan jejaring sosial yang bernama google plus (google +) yang sudah terintegrasi dengan youtube dan juga bowser google chrome sehingga video di youtune bisa di tonton di google+. Youtube menghadirkan desain antar muka yang baru di bulan desember 2011. halaman utama dan kanal video di tampilkan di kolom tengah sehingga mirip dengan jejaring sosial. Dan juga logo youtube versi yang baru di pasang dengan bayangan merah yang terlihat lebih gelap.

Loading...