Nokia XL ini adalah produk terbaru dari nokia yang telah meluncurkan versi terbarunya. Nokia XL ini merupakan penyempurnaan dari nokia sebelumnya yaitu nokia X.

Nokia-XL-Terbaru-Juli-2014

Memang android sistem operasi yang sangat populer di sekarang ini, dan tentunya android tidak bisa di lepaskan dari kehidupan kita. Ini adalah beberapa contoh produk yang telah menggunakan android yaitu Samsung, Lenovo, HTC, sony, LG dan masing banyak lagi lainnya. Dengan menggunakan nama besar android di rasa akan mengembalikan kejayaan nokia di masa lalu.

Berikut ini adalah ulasan review Nokia XL :

Kamera
Nokia telah membenamkan kamera pada Nokia XL ini dengan kamera belakang 5 megapixel dan beresolusi 2592 x 1944 dan juga tidak ketinggalan dengan fitur LED flash, auto focus sensor size, mode panorama dan juga video 480p@30fps sehingga dapat meningkatkan performa kualitas gambar yang akan di hasilkan. Nokia XL juga terdapat kamera depan dengan 2 megapixel yang lumayan baik untuk melakukan video call dengan menggunakan skype tau aplikasi video chat lainnya.

Prosesor
Nokia XL ini telah menggunakan custom android yang di desain oleh pihak nokia. Ponsel pintar memiliki prosesor dual core dari qualcomm MSM8225 snapdragon S4 play 1GHz cortex A5. Tapi sayang untuk masalah grafis masih menggunakan GPU yang lama yaitu menggunakan adreno 203. Kalau saja nokia memakai GPU adreno 300 ke atas pasti nokia akan tampil dengan garang, ada keunggulannya yaitu Nokia XL ini mempunyai harga dengan kantong kelas menengah kebawah sehingga Nokia XL di harapkan mampu bersahabat dan bersaing di pasaran ponsel pintar.

RAM
Dengan modal memori internal sebesar 4 GB dan juga hanya bisa menambah memory eksternal yang mampu menyimpan dengan kapasitas 32 GB di rasa sangatlah wajar dan umum apa yang seperti ponsel android yang beredar di pasaran. Nokia XL ini hanya menyediakan RAM dengan kapasitas hanya 768 MD yang di bilang kurang untuk melakukan multi tasking yang berat, dan mengapa nokia hanya memasang dengan RAM hanya sebesar 768 MB? Ini merupakan sangat nanggung.

User interface
Nokia XL ini memiliki dimensi 1414.4 x 77.7 x 10.9 mm dan hanya menggunakan layar dengan ukuran 5 inci dan membuat ponsel pintar ini kurang karena seharusnya ponsel pintar ini seharusnya sudah memiliki resolusi QHD, akan tetapi beruntung Nokia XL ini mempunyai lapisan layar IPS display agar kualitas layar Nokia XL ini dapat terjaga dan mampu menyediakan visual secara jernih.
Ada hal yang aneh dari segi user interface ini yaitu tidak akan menjumpai tampilan android pada umumnya, malah Nokia XL ini menghadirkan dengan tampilan kotak – kotak atau metro yang mirip sekali dengan windows phone. Memang nokia telah membuang aplikasi play store dan sudah digantikan dengan nama nokia store.