Pada waktu yang lalu BlackBerry yaitu jhon chen mengumumkan mengenai tentang keluaran BlackBerry terbarunya yang akan di beri nama BlackBerry Z3 jakarta. Mengapa di beri dengan nama Jakarta? Yaitu BlackBerry ingin menjual produknya tersebut di Indonesia dengan catatan khusus yaitu kota Jakarta yang merupakan konstributor yang terbesar di Indonesia. Bukan hanya desainnya saja akan tetapi konten – kontenya pun juga di sertakan dengan konten Indonesia.
Dan akhirnya BlackBerry meluncurkan produk terbarunya dengan nama BlackBerry Z3 atau di kenal dengan BlackBerry Jakarta di acara Mobile World Congres 2014 yang diadakan di Barcelona spanyol.

blackberry_z3_z30_0
Berikut ini adalah review tentang BlackBerry Z3 :

Desain
Bentuk dari BlackBerry Z3 ini mempunyai ciri khas yaitu dengan sedikit lengkungan di sisi bagian kanan dan kiri dan lebih terlihat kotak – kotak. Pada bagian depan semua tertutup kaca dari bawah sampai atas tanpa ada penghalang atau sejenisnya yang selalu terlihat di model dahulunya. Pada bagian depan terdapat speaker sensor cahaya, kamera dan logo BlackBerry di bagian bawahnya. Di bagian kiri sisi ada tombol volume dan tombol power dan di sisi bagian kanan terdapat tempat penyimpanan kartu SIM dan kartu micro SD dengan penutup di bagian luar.

Kemampuan menjalankan aplikasi android
BlackBerry Z3 ini telah di benamkan OS berkemampuan yang dapat menjalankan aplikasi android dengan halus yang sempurna, akan tetapi ponsel pintar BlackBerry Z3 ini menggunakan OS android, tapi BlackBerry Z3 ini menggunakan OS BlackBerry yang berbasis QNX. Ini adalah kelebihan dari BlackBerry Z3 dan juga menjalankan game berbasis android.

BBM
Ini adalah salah satu keunggulan ponsel pintar BlackBerry dari ponsel pintar lainnya. Walaupun aplikasi BBM sudah tersedia di iOS dan di android. Ini ada beberapa fitur unggulan yang hanya di miliki oleh BlackBerry Z3 adalah

  • Video chat
  • Voice chat
  • Ada simbol jika ketika pesan telah di baca
  • BBm channel
  • Pengiriman gambar dengan berbagai resolusi
  • Pengiriman file dengan kapasitas 6 MB

BlackBerry Hub
BlackBerry ini memang jagonya dan mempunyai nilai lebih jika di bandingkan dengan ponsel pintar lainnya yaitu dari segi pengolahan pesan. Mulai dari BBM, push mail dan aplikasi pengolah pesan lainnya. BlackBerry adalah pendukung dari aplikasi pesan itu sendiri, dengan adanya BlackBerry hub ini semua pesan, notifikasi dan kalender ada di dalam satu layar.

Instant preview
Ini merupakan fitur dukungan dalam pengolah pesan yaitu dimana pesan dapat yang masuk berupa BBM, SMS, email atau yang lainnya akan di tampilkan di atas layar ketika si pengguna menjalankan salah satu aplikasi kemudian dapat menghilang dengan sendirinya. Dan ketika si pengguna dirasa pesan itu sangat penting mak pesan akan langsung dibuka dan dapat meninggalkan aplikasi yang sedang di jalankan.