Pilihan Kamera Bawah Air Terbaik

By Categories : Gadget

Bagi penggemar fotografi, saat ini ada berbagai jenis kamera yang dapat digunakan untuk melengkapi petualangan Anda, salah satunya adalah kamera bawah air. Kamera ini dapat digunakan untuk mengambil gambar dibawah air seperti laut. Keunggulan kamera ini adalah memiliki daya tahan di dalam air dan bisa bekerja dengan baik. Keindahan bawah laut yang indah dan memiliki keunikan  tentunya akan menjadi sesuatu yang menarik bagi Anda yang memang memiliki hobi fotografi.

kamera bawah air

Banyak sekali  kamera bawah air yang bisa menjadi pilihan. Walaupun tidak selangkap fitur yang ada di kamera DSLR, namun untuk mengambil keindahan bawah laut sudah cukup bagus.

Berikut kamera bawah air dengan harga terjangkau

  1. Aquapix Kamera Underwater

Bagi Anda yang ingin mencoba mengabadikan momen di bawah air, kamera ini sangat cocok Anda pilih. Aquapix mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 3 meter. Kamera ini memiliki desain yang ringan karena terbuat dari material plastik dan dalam penggunaannya tidak menggunakan baterai. Aquapix terdiri dari dua bagian, yaitu kamera dan protector anti air. Ukuran lensa kamera ini adalah aperture f/9 dengan lensa 28 mm dan sutter speed 1/100 detik. Namun untuk hasil yang paling maksimal Anda harus berada kurang dari 4 kaki. Kamera bawah air ini tidak menggunakan flash sehingga tidak memerluakan baterai.

  1. Lapara HRD34 Waterproof HD Camera

Kamera ini didesain untuk aktivitas menyelam. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengambil gambar keindahan laut hingga kedalaman 15 meter. Yang menarik dari kamera anti air ini adalah dilengkapi dengan kacamata renang, sehingga saat Anda menyelam Anda juga dapat otomatis mengambil gambar atau merekam video. Lapara HRD34 ini dilengkapi dengan resolusi 5 megapixwl pada 1280 x 960 dpi serta TF Card 32 Gb. Untuk merekam kamera ini juga cucup bagus dengan kualitas HD 640 x 480 @30 fps.

  1. Pentax WG-10

Pentax WG merupakan salah satu kamera bawah air terbaik yang mampu bertahan lama dan bekerja dengan baik pada ke dalaman 10 meter. Kamera ini juga memiliki ketahanan terhadap guncangan atau jatuh dari ketinggian 1,5 meter. Pentax WG-10 emiliki resolusi 14 megapixel, dan dibekali kemampuan zoom hingga 5x. Yang menarik dari kamera ini adalah memiliki sistem shake reduction dan memiliki 5 lampu LED serta makro fokus.

  1. Nikon Coopix AW110

Perusahaan digital Nikon juga menghadirkan kamera bawah air dengan seri Coolpix AW110. Kamera ini mampu bekerja hingga kedalaman 18 meter serta memiliki ketahanan guncangan saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter. Nikon Coolpix menggunakan sensor  CMOS BSI beresolusi 16 megapixel dan 5x optical zoom serta video full HD 1080p.

Tips Foto Underwater

Selain pemilihan kamera bawah air terbaik, Anda juga harus mengetahui beberapa tips menggunakannya agar foto yang dihasilkan lebih maksimal. Mengabadikan momen di bawah laut merupakan hal yang perlu dilakukan saat Anda melakukan snorkeling atau diving. Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelemu memotret di dalam laut. Berikut di antaranya.

  • Cermat menggunakan fitur bawah air

Seperti yang kita ketahui jika memotret di dalam air dan di daratan memiliki teknik yang berbeda. Salah satu faktor yang membedakan karena intensitas cahaya. Hal ini karena akan berdampak pada white balance sehingg akan berpengaruh terhadap foto yang dihasilkan. Untuk mencegah hal tersebut, biasanya produsen kamera akan melengkapinya dengan fitur yang dapat membantu pengguna mendapatkan asil foto yang menarik saat memotrot di dalam air. Salah satu fitur tersebut adalah mode beach & snorkeling. Fitur tersebut sangat bagus untuk mengambil gambar mulai dari permukaan hingga kedalaman 3 meter. Kemudian terdapat fitur mde underwater yang dapat digunakan pada kedalaman 15 meter. Jadi Anda harus mengetahui setiap fitur yang ada di kamera Anda.

  • Mengakifkan fungsi flash

Penggunaan fitur flash sangat cocok digunakan saat mengambil objek foto seperti binatang kecil dan terumbu karang. Fitur ini akan membantu mengeluarkan warna serta kecerahan pada objek yang kita ambil di bawah laut. Pengunaan fitur flash juga perlu diperhatikan ketika Anda mengambil objek dengan jarak yang cukup jauh. Di bawah laut terdapat banyak sekali plankton yang kasat mata. Jika Anda memotret dengan objek yang cukup jauh maka plankton yang jaraknya dekat akan terkena cahaya dan menimbulkan bintk putih pada  foto yang dihasilkan.

  • Jeli

Di bawah laut banyak sekali objek-objek yang bisa Anda abadikan dengan kamera bawah air terbaik Anda, seperti terumbu karang, gerombolan ikan, dan binatang kecil lainnya. Yang perlu Anda perhatikan adalah jeli dalam mencari objek menarik untuk diperhatikan. Hal ini penting agar aktivitas memotret di dalam laut memuaskan.

  • Komposisi

Walaupun Anda melakukan pemotretan di dalam air, Anda tetap harus memperhatikan komposisi. Hal ini agar hasil foto lebih menarik dan indah. Anda dapat berkreasi dengan komposisi terumbu karang sebagai foreground dengan latar belakang gerombolan ikan dan sebagainya.

Baca juga Kamera Nikon Coolpix AW120 Review

Loading...