Pesawat Tempur Termahal di Dunia dengan Teknologi Canggih

By Categories : Tekno

Kehadiran pesawat tempur menjadi salah satu hal yang penting bagi setiap negara. Dalam mengamankan kedaulatan wilayah, setiap negara harus memiliki kendaraan tempur yang memadai salah satunya adalah pesawat tempur. Dengan menggunakan pesawat tempur bisa memantau kondisi wilayah melalui udara dengan jangkauan yang lebih luas.

Dibandingkan dengan beberapa dekade lalu, pesawat tempur saat ini sudah mengalami banyak perubahan dalam urusan teknologi. Selain dilengkapi dengan teknologi radar yang canggih, pesawat tempur juga dilengkapi dengan persenjataan modern untuk menghadapi musuh. Dari generasi ke generasi sampai saat ini di tahun 2015 terdapat beberapa pesawat tempur yang memiliki harga termahal. Ini dikarenakan beberapa pesawat tempur di bawah ini sudah menggunakan teknologi canggih. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Pesawat Tempur  Termahal dan Tercanggih di Dunia

F-22 Raptor

F-22 Raptor

Salah satu jet tempur termahal di dunia adalah F-22 Raptor yang dikembangkan oleh Lockheed Martin. Pesawat ini dibandrol dengan harga mencapai USD 150 juta atau jika dirupiahkan mencapai Rp 1,9 Triliun. Pesawat F-22 Raptor sudah dilengkapi dengan mesin ganda yang akan menambah kecepatan mencapai 2,2 Mach (2 kali kecepatan cahaya). Padahal 0,85 Mach saja setara dengan 909 km/jam. Selain itu F-22 Raptor dilengkapi dengan persenjataan canggih dan bahan yang membuat pesawat ini sulit untuk terdeteksi radar.

F-35 Lightning II

F-35 Lightning II

F-35 Lightning II merupakan pesawat tempur generasi kelima yang digunakan Angkatan Udara Amerika Serikat. Harga per unitnya untuk pesawat F-35 Lightning II mencapai USD 116 juta atau dirupiahkan setara dengan Rp 1,5 Triliun untuk setiap unitnya. Pesawat F-35 Lightning II sama dengan F-22 Raptor yang juga tidak terdeteksi oleh radar. Di samping kecanggihannya tersebut, terdapat pula senjata canggih di dalamnya. F-35 Lightning II mampu terbang dengan kecepatan mencapai 1,6 Mach.

Sukhoi-35

Sukhoi-35

Sukhoi-35 merupakan seri berikutnya dari Sukhoi-27 Fighter. Jet tempur Rusia ini diakui dunia dengan kemampuan bermanuver lincah di udara, melacak musuh sampai dengan 6 pesawat, serta mengurangi kemampuan dilacak radar musuh. Sukhoi-35 hadir dengan kedua mesin yang mampu membawa pesawat tempur ini melaju sampai dengan 2,25 Mach. Selain itu Sukhoi-35 dilengkapi dengan rudal, dan bom lainnya untuk menghadapi musuh. Sukhoi-35 dibandrol dengan kisaran harga USD 65 juta atau setara Rp 842 miliar.

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon dibandrol dengan harga mencapai USD 98 juta atau setara Rp 1,3 Triliun. Pesawat tempur yang satu ini terkenal dengan kecepatan, dan kelincahannya saat di udara. Beberapa senjata disediakan secara tersembunyi dengan kemampuan yang canggih. Eurofighter Typhoon memiliki kecepatan mencapai 2 Mach pada ketinggian.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa pesawat tempur termahal dengan teknologi canggih di dalamnya. Adapun pesawat tempur lainnya seperti Dassault Rafale yang digunakan Angkatan Udara Perancis dengan harga mencapai Rp 1,2 Triliun tiap unitnya, serta JAS 39 Gripen buatan Swedia dengan harga Rp 893 miliar, F-18E/F Super Hornet dengan harga Rp 842 miliar. Baca juga Pesawat tempur tercepat di dunia.

Loading...