Pesawat Tempur Tercepat di Dunia

By Categories : Tekno

Di era teknologi semakin canggih banyak negara yang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu hal yang baru. Banyak negara maju yang mengembangkan berbagai tekonologi canggih ke dalam peralatan militernya. Hal ini ditujukan untuk mempertahankan kedaulatan negara tersebut, jika terjadi ancaman militer yang dapat memicu peperangan.

Untuk mempertahankan wilayah, biasanya suatu negara menggunakan pesawat tempur untuk melakukan patroli rutin. Diantara banyaknya pesawat tempur tercanggih di dunia, terdapat beberapa pesawat yang dianggap memiliki kecepatan dan kelincahan untuk mencegat pesawat musuh. Berikut ini beberapa pesawat tempur tercepat di dunia yang disusun secara acak.

Pesawat Tempur Tercepat di Dunia

Su-35 Flanke E

Su-35 Flanker E

Su-35 atau disebut dengan Sukhoi Su-35 merupakan pesawat tempur yang dikembangkan dan dibangun oleh negara Rusia. Pesawat ini merupakan versi terbaru dari Su-27. Pesawat Su-35 Flanker E dapat bermanuver dengan indah dan lincah di udara. Su-35 digunakan oleh Angkatan Udara Rusia untuk mempertahankan wilayah. Pesawat ini memiliki kecepatan 2,25 Mach atau 2,25 kali dari kecepatan suara (2.390 km/jam). Pesawat tempur ini dilengkapi dengan berbagai persenjataan rudal untuk darat maupun untuk udara.

F-22 Raptor

F-22 Raptor

F-22 Raptor merupakan pesawat tempur siluman yang dikembangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat. Pesawat tempur ini dikatakan siluman, karena susah akan di deteksi oleh radar musuh. Hal tersebut membuat F-22 Raptor ini susah untuk ditemukan. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan maksimal mencapai 2,42 Mach (sekitar 2.575 km/jam) pada ketinggian tinggi. Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai persenjataan canggih seperti meriam peluru, rudal udara, dan rudal untuk darat.

Shenyang J-11

Shenyang J-11

Shenyang J-11 merupakan pesawat tempur yang diciptakan oleh China. Pesawat ini dioperasikan oleh Angkatan Udara China untuk mempertahankan wilayahnya dari pesawat musuh. Shenyang J-11 mampu terbang dengan kecepatan mencapai 2,35 Mach (sekitar 2.500 km/jam). Pesawat tempur ini mampu membawa berbagai persenjataan canggih seperti senjata api auto canon, bom untuk darat, rudal udara, dan juga rudal darat. Pesawat ini juga dilengkapi dengan teknologi radar canggih yang mampu mendeteksi musuh dari jarak jauh.

MIG-31E

MIG-31E

Pesawat tempur tercepat di dunia berikutnya adalah Mig-31E. Mig-31E merupakan varian dari ekspor pesawat tempur MIG-31. Pesawat ini diciptakan untuk menghancurkan target pada ketinggian. MIG-31 digunakan oleh Angkatan Udara Rusia dan juga Kazakhstan. Pesawat MIG-31E dapat terbang sampai dengan kecepatan 2,82 Mach ( sekitar 3.000 km/jam) di ketinggian. Pesawat ini dibekali dengan senjata caliber 23mm, rudal untuk udara, serta membawa rudal untuk udara ke permukaan, dan juga rudal antiradar.

F-15E Strike Eagle

F-15E Strike Eagle

F-15 Eagle menjadi tulang punggung Angkatan Udara Amerika Serikat. F-15 Eagle digunakan juga oleh negara lainnya seperti Arab Saudi, Singapura, Israel, dan juga Korea Selatan. Pesawat ini mampu menyerang target pada siang ataupun malam hari. F-15 Eagle mampu terbang di ketinggian dengan kecepatan mencapai didukung dengan persenjataan rudal udara ke udara, canon 20mm, rudal untuk permukaan, dan juga bom dengan diameter kecil.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa pesawat tempur tercepat di dunia, adapula pesawat tempur buatan Amerika yaitu F-35 yang merupakan pesawat siluman dengan kecepatan terbang mencapai 1,67 Mach (2.065 km/jam). Baca juga Pasukan Khusus Terbaik di Dunia

Loading...