Daftar Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

By Categories : Tekno

Pesawat tempur merupakan komponen penting bagi setiap angkatan udara yang ada di setiap negara hal ini bertujuan untuk mempertahankan keamanan dan kedaulatan suatu negara. Pesawat tempur akan digunakan jika terjadi masalah yang tidak bisa diselesaikan secara diplomatik dan biasanya suatu negara akan mengambil langkah militer sebagai jalan terakhir.

Selain untuk keamanan dan kedaulatan suatu negara, pesawat tempur digunakan untuk mengamankan dari serangan atau ancaman yang berbahaya, misal saja seperti ancaman teroris atau sebagainya.

Dengan setiap teknologi masing-masing negara maju saling berlomba untuk mendapatkan teknologi terbaru. Namun tahukah Anda seperti apa pesawat tempur tercanggih? Untuk Anda yang ingin mengetahui pesawat tercanggih yang ada di dunia, berikut merupakan daftar pesawat tempur tercanggih.

7 Pesawat Tempur Tercanggih dan Terbaik

Boeing F-15E Strike Eagle

F-15E Strike Eagle

Boeing F-15E Strike Eagle termasuk pesawat tempur tercanggih yang ada di dunia. Pesawat tempur ini di produksi oleh negara adidaya Amerika Serikat, yang di gunakan sebagai pesawat tempur andalannya. F-15E Strike Eagle ini di produksi dari versi sebelumnya yaitu F-15A/D. Pesawat ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai dua kali kecepatan suara. Untuk masalah persenjataan pesawat ini di lengkapi dengan Sistem senjata rudal udara ke udara jarak menengah AIM-120, berbagai jenis bom, serta amunisi Joint Direct Attack Munition.F-15E Strike Eagle pernah di gunakan dalam operasi Operasi Desert Shield dan Desert Storm serta Operasi Southern Watch dan Northern Watch. Tidak hanya itu pesawat ini juga pernah melakukan operasi militer lainnya.

Dassault Rafale

Dassault Rafale

Pesawat Dassault Rafale ini di gunakan oleh angkatan udara dan angkatan laut Perancis. Dassault Rafale menggunakan mesin ganda sebagai pesawat multirole yang dapat menjaga keamanan dan kedaulatan negara. Sistem pada pesawat ini dilengkapi dengan avionic terbaru dan sistem sensor cerdas. Untuk sistem senjata Dassault Rafale menggunakan rudal anti kapal, canon 30mm, rudal udara ke udara, rudal udara ke permukaan tanah, serta berbagai bom laser untuk serangan darat. Pesawat canggih ini dapat terbang dengan kecepatan mencapai 1,8 kali kecepatan suara dan memiliki berat 40 ton. Misi yang pernah di lakukan pesawat ini antara lain saat Operasi Enduring Freedom (Afghanistan) pada tahun 2002, operasi Libya dan operasi serval(Mali). Simak Juga Teknologi Rudal Tercanggih.

MIG-31E

MIG-31E

MIG-31E ini berada dalam layanan angkatan udara Rusia dan angkatan udara Kazakhstan. Pesawat ini memiliki kecepatan maksimal 2,83 kali kecepatan suara(3.466 km/jam). Selain itu MIG-31E dapat mengintersep dan menghancurkan semua target yang ada di udara baik siang atau malam. Pesawat MIG-31E di persenjatai dengan rudal jarak menengah(R-40TD1 (AA-6 ‘Acrid’), rudal jarak pendek R60MK, serta canon GSh-6-23M 30m. Tidak hanya itu pesawat MIG-31E juga dilengkap airborne phased array radar. MIG-31E memiliki jangkauan sejauh 3000 km tanpa isi bahan bakar tambahan dan sejauh 5400 km dengan pengisian bahan bakar di udara. MIG-31E menggunakan dua mesin yang membuatnya semakin cepat. Baca Juga Robot Tercanggih di Dunia.

Sukhoi SU-35 Rusia

Ini merupakan versi terbaru dari SU-27 dan merupakan pesawat generasi ke 4 dari Sukhoi Rusia. Pesawat ini menggunakan bahan-bahan komposit untuk badan pesawat, penanda radar yang diperkecil, dan radar PESA.Sukhoi SU-35 Selain itu, Sukhoi SU-35 juga sudah diperbaharui menggunakan sistem kelistrikan dan avionik yang terbaru. Salah satunya adalah radar yang dapat mendeteksi sinyal dari belakang dan mampu menembakkan rudal SARH. Sukhoi SU-35 juga sudah menggunakan mesin 117S dengan pipa-pipa vektor pendorong yang terus berputar.

F-22 Raptor

Two U.S. Air Force F-22 Raptor stealth jet fighters fly near Andersen Air Force Base in this handout photo dated August 4, 2010. China is still years away from being able to field a stealth aircraft, despite the disclosure of images indicating that it appears to have a working prototype, Pentagon officials said on Wednesday. A U.S. intelligence official estimated in May that the J-20 could rival the F-22 Raptor within eight years. The Raptor is the premier U.S. fighter, with cutting-edge "fifth-generation" features, including shapes, materials and propulsion systems designed to make it appear as small as a swallow on enemy radar screens. REUTERS/U.S. Air Force/Master Sgt. Kevin J. Gruenwald/Handout (GUAM - Tags: MILITARY POLITICS SCI TECH) FOR EDITORIAL USE ONLY. NOT FOR SALE FOR MARKETING OR ADVERTISING CAMPAIGNS. THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. IT IS DISTRIBUTED, EXACTLY AS RECEIVED BY REUTERS, AS A SERVICE TO CLIENTS - RTXW9G9

Pesawat tempur tercanggih di dunia selanjutnya adalah F-22 Raptor. Pesawat siluman ini merupakan pesawat andalan dari Amerika Serikat. F-22 Raptor dilengkapi degan peralatan untuk peperangan elektronik, serangan udaram dan sinyal intelijen. Lockheed Martin Aeronautics merupakan kontraktor utama yang membuat sebagian besar dari F-22 ini. Kemudian Boeing Integrated Denfense System memproduksi peralatan avionik, sayap, serta perawatan dan pelatihan pilot.

F-35 Lightning II

F-35 Lightning II

Pesawat tempur F-35 Lightning II merupakan pesawat tempur pengembangan dari X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Ini merupakan salah satu pesawat tempur berkursi tunggal yang memiliki banyak fungsi , diantaranya adalah pertempuran udara ke udara, pertempuran udara jarak dekat, serta pengebom taktis. Dalam pengembangannya, pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat dan Inggris. F-35 Lightning diproduksi oleh Lockheed Martin dan BAE System.

 AV-8B Harrier

AV-8B Harrier

AV-8B Harrier merupakan pesawat tempur dari negara Inggris dan banyak digunakan oleh negara anggota NATO seperti Spanyol dan Italia. Versi lain dari keluarga Harrier sering disebut dengan Harrier Jump Jet. Pesawat tempur ini adalah pengembangan dari Anglo-Amerika dari Hawker Siddeley.

Itulah beberapa informasi mengenai Pesawat Tempur Tercanggih yang ada di dunia dan masih banyak lagi pesawat tempur dengan teknologi canggih negara-negara maju yang ada di dunia.

Loading...