Pesawat Pembom Tercanggih di Dunia

By Categories : Tekno

Banyak negara yang terus mengembangkan teknologi pesawat pembom tercanggih untuk memperkuat kekuatan militer mereka. Pesawat pembom digunakan khusus untuk melakukan misi seperti menjatuhkan ribuan kg bom ke area musuh. Pesawat pembom tersebut kebanyakan telah dilengkapi dengan teknologi canggih salah satunya adalah teknologi stealth yang mampu menghindari dari radar musuh.

Pesawat Pembom Tercanggih di Dunia

Dengan teknologi tersebut sangat sulit bagi radar untuk mendeteksi pesawat pembom tersebut. Diantara banyaknya pesawat pembom, di bawah ini terdapat beberapa pesawat pembom tercanggih di dunia.

Berikut Pesawat Pembom Tercanggih di Dunia Masa Kini

Tupolev Tu-95 (Bear), Rusia

Tupolev Tu-95 (Bear) merupakan salah satu pesawat pembom tercanggih di dunia yang menjadi andalan Angkatan Udara Rusia. Awalnya pesawat ini dirancang untuk membawa senjata nuklir unuk menyerang Amerika Serikat. Pesawat ini dilengkapi dengan mesin turbodrop dengan pengembang Tupolev. Pesawat Tupolev Tu-95 (Bear) dapat membawa sekitar 15.000 kilogram bom dan enam rudal jelajah serta senjata dengan caliber 23 mm. Tupolev Tu-95 (Bear) mampu terbang sampai dengan 15.000 kilometer dengan kecepatan max 830 km/jam.

Militer Rusia telah mengembangkan lebih dari 500 unit pesawat dengan varian model TU-95MS Sejak tahun 1984 hingga sekarang. Namun saat ini hanya sekitar 6- unit Tu-95MS yang masih dapat beroperasi. Pesawat boomber dengan mesih turboprop ini akan beroperasi hingga tahun 2040

Xian H-6, China

Xian H-6 merupakan pesawat pembom strategis yang menjadi andalan Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China. Xian H-6 juga merupakan variandari pesawat pembom Tupolev Tu-16. Xian H-6 dapat membawa sekitar 9.000 kilogram berbagai jenis termasuk bom nuklir. Selain itu Xian H-6 memilki dua senjata caliber 23mm dengan rudal anti kapal. Xian H-6 mampu terbang dengan kecepatan maksimal 796km/jam dengan jangkauan 6.000 kilometer. Sementara untuk versi Xian H-6K menggunakan mesin turbofan terbaru.

Tupolev Tu-160

Berikutnya adalah Tupolev Tu-160 yang menjadi andalan Angkatan Udara Rusia. Pesawat supersonic ini mampu membawa bom nuklir dan senjata konvensional lainnya. Tupolev Tu-160 mampu terbang disegala cuaca dengan berat bom sampai dengan 40.000 kilogram serta dua weapon bay yang bisa membawa 12 sampai 24 rudal berkekuatan nuklir. Tupolev Tu-160 memiliki kecepatan maksimal 2.200 km/jam dengan jangkauan 12.300 km. Tupolev Tu-160 menggunakan empat buah mesin turbofan Kuznetsov NK-32.

B-52 Stratofortress

Pesawat pembom tercanggih selanjutnya dalam pembahasan ini adalah B-52 Stratofortress. B-52 Stratofortress termasuk ke dalam pesawat pembom kelas berat yang mampu terbang lebih dari 10.000 km dengan kecepatan maksimal sampai dengan 1.046 km/jam. Pesawat pembom ini sudah dioperasikam Angkatan Udara AS sejak tahun 1955 dengan total 744 unit.  Salah satu pesawat tempur tercepat di dunia ini mampu membawa muatan 31.700 kilogram berbagai jenis bom.

Pesawat ini mampu terbang di ketinggian 15.240 kilometer dengan awak 5 orang dan bermesin turbofan. Awalnya B-52 digunakan oleh Angkatan Udara AMerika Serikat sebagai misi perang, namun saat ini B-52 hanya membawa aminisi konvensional, diantaranya adalah rudal jelajah dan bom kendali. Untuk jaangkauannya, pesawat ini mempu menempuh jarak 18.500 km tanpa melakukan pengisian ulang.

Northrop Grumman B-2 Spirit (USA)

Pesawat yang satu ini dirancang sebagai target operasi berskala prioritas tinggi. Bomber ini dirancang untuk perang dingin dimana B-2 merupakan salah satu program rahasia dari Amerika Serikat. Ini merupakan pesawat termahal yang pernah diproduksi dan digunakan oleh Angkatan Udara AS. Angkatan Udara tersebut hanya mengoperasikan 20 pesawat. Northrop Grumman B-2 Spirit pernah ditawarkan ke negara-negara sekutu NATO. Pesawat ini nyaris tidak dapat terdeteksi radar sehingga mudah memasuki wilayah pertahanan udara musuh. B-2 memiliki sistem tempur elektroik yang rahasia. Selain itu, pesawat ini juga mampu mengangkut 18.000 kg senjata. Diantaranya adalah rudal jelajah, bom kendali, bom termonuklir, dan mampu terbang lebih dari 12.000 km tanpa mengisi ulang bahan bakar.

Rockwell B-1B Lancer, USA

Ini merupakan salah satu pesawat pembom tercanggih di dunia milik ankatan bersenjata Amerika Serikat. Pesawat ini sudah beroperasi sejak tahun 1986 dan awalnya dirancang untuk menggantikan B-52. Rockwell B-1B Lancer mampu membawa senjata nuklir. Pesawat ini juga memiliki beberapa tingkatan stealthiness serta dilengkapi sistem penangkal komperhensif dan bisa mengatasi sistem pertahanan udara musuh yang memiliki kecanggihan.

Pesawat pembom ini mampu membawa rudal serta bom internal sebanyak 34.000 kg. Ini merupakan pesawat pembom yang membawa muatan lebih banyak dibanding pesawat lainnya. Setelah berakhirnya perang dingin, saat ini B-1 kembali menjadi alat tempur konvensional. Pesawat ini hanya tersisa 70 unit di pangkalan Angkatan Udara AS dan diharapkan masih dapat beroperasi hingga 2030 sebelum digantikan dengan bomber generasi berikutnya.

Demikianlah tadi beberapa pesawat pembom tercanggih di dunia, masih banyak pesawat pembom lainnya yang masih dalam pengembangan dan dimiliki oleh negara maju lain. Baca juga artikel mengenai Pesawat tempur termahal di dunia dengan teknologi canggih.

Loading...