Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang terhubung satu dengan komputer lain dengan memakai kabel dalam satu lokasi agar dapat bertukar informasi dan data dengan pengguna komputer lainnya.

Internet berawal dari pada tahun 1969, waktu itu departemen pertahanan amerika serikat atau lebih biasa di panggil / dikenal DARPA (Defense Advance Reserch Project Agency) mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sebuah komputer ke komputer lain sehingga dapat membentuk jaringan.

perkembangan internet

Adanya progam riset dan terus dinamakan ARPANET. 1 tahun berlanjut kemudian penelitian ini membuahkan hasil yang bagus dimana lebih dari sepuluh komputer berhasil dihubungkan satu sama yang lain sehingga dapat saling berinteraksi dan membentuk jaringan.

Penelitian ini terus berkembang dengan pesat sehingga ARPANET pada tahun 1972 berhasil menyempurnakan progam yang dinamakan email yang di ciptakan oleh Roy Tomlinson untuk ARPANET. Dengan hasil ciptaanya tersebut progam email ini, komputer – komputer yang saling berhubungan dapat mengirimkan pesan antara komputer ke komputer lain. Email ini sangatlah mudah sehingga dapat langsung populer. Di tahun yang sama icon ”@” juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang mengandung arti “at” atau “pada”.

Jaringan komputer ARPANET terus dikembangkan di luar amerika serikat yaitu pada tahun 1973 dan University College di London merupakan komputer pertama yang menjadi anggota ARPANET yang ada di luar amerika serikat. Dua orang ahli komputer yaitu Vinton Cert dan Bob Kahn pada tahun yang sama menciptakan sebuah gagasan yang sangat besar tang menjadi cikal bakal internet. Pemikiran tersebut si presentasikan pertama kalinya di Sussex University.

Pada tahun 1981 France Telecom dengan menggunakan ARPANET berhasil menciptakan gebrakan yang luar biasa yaitu dengan meluncurkan telfon televisi pertama di dunia dimana seseorang dapat saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Jaringan komputer makin hari semakin perkembangannya semakin pesat, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Untuk menyeragamkan alamat dengan jaringan anda, maka pada tahun 1984 terjadi perubahan sehingga di perkenalkan sistem nama domain yang kita kenal sekarang dengan nama DNS (Domain Name System).

Pada tahun 1992 komputer yang saling terhubung membentuk jaringan sesudah melampaui sejuta komputer dan di kenal dengan istilah surfing the internet. Dan di tahun 1994 situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat dan pertama kalinya virtual shopping muncul di internet. Dan ditahun yang sama Yahoo didirikan sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Sekarang komunikasi baru banyak bermunculan yang sering disebut dengan Social Network. Dengan munculnya seperti Facebook, Twitter, YM, dll. Internet sering digunakan untuk menghubungkan sejumlah komputer dalam suatu jaringan agar user dari komputer yang terhubung dapat berkomunikasi dengan satu dengan yang lain.

Kesimpulannya adalah internet merupakan salah satu alat komunikasi yang utama bagi dunia. Pada dasarnya internet itu digunakan dalam bidang komunikasi.