Perbedaan Sleep, Hibernate, Shut Down, dan Restart pada Komputer

By Categories : Hardware

Komputer dan laptop menjadi barang elektronik yang digunakan untuk membantu proses pekerjaan. Dengan adanya PC (Perangkat Computer) atau laptop pekerjaan menjadi lebih mudah bagi para pelajar maupun pekerja. Di dalam komputer dengan sistem operasi Windows memiliki pilihan yakni sleep, hibernate, shut down, dan juga restart. Keempat pilihan tersebut memiliki perbedaan yang mendasar dan perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui apa saja perbedaan tersebut, di bawah ini pembahasan mengenai perbedaan sleep, hibernate, shut down, dan restart.

Perbedaan Sleep, Hibernate, Shut Down, dan Restart pada Komputer

Berikut Perbedaan Sleep, Hibernate, Shut Down, dan Restart

Mode Sleep

Untuk mode yang satu ini ketika Anda mengaktifkannya maka semua aplikasi yang berjalan pada komputer atau laptop yang sedang berjalan maka akan segera dihentikan. Untuk menghentikan mode dan mengaktifkan komputer kembali, maka Anda tinggal klik resume kemudian secara otomatis komputer Windows akan berjalan normal kembali. Tujuan dari mode sleep ini adalah untuk membantu agar baterai pada laptop tetap awet, ini dikarenakan hanya sedikit memori dan daya yang digunakan. Untuk pengguna Windows XP mode sleep sama dengan mode stand by.

Hibernate

Berikutnya adalah mode hibernate yang memiliki perbedaan mendasar dengan mode sleep. Untuk mode ini digunakan ketika Anda bekerja dengan aplikasi yang berjalan, namun Anda tidak ingin menutup semua aplikasi yang sedang Anda gunakan. Untuk itu dengan mode ini semua aplikasi yang sedang Anda jalankan akan dialihkan pada harddisk dan sistem operasi akan di shut down. Mode ini tentu akan menghemat konsumsi listrik bagi komputer dan konsumsi baterai pada laptop ketika hendak ditinggalkan dalam waktu cukup lama. Untuk proses reboot sendiri mode sleep memang lebih cepat ketimbang mode hibernate.

Shut Down

Untuk mode yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, mode shut down digunakan untuk mematikan semua perangkat. Dengan mode ini semua komponen hardware seperti RAM, prosesor, VGA, power supply, serta komponen lainnya akan matik secara total, sehingga secara otomatis akan memutuskan aliran listrik. Pada kondisi ini RAM akan kembali kosong, sehingga ketika dihidupkan kembali maka akan membutuhkan beberapa waktu untuk proses booting. Baca 4 Aplikasi Desain Baju di Android Terbaik

Mode Restart

Yang keempat adalah mode restart. Untuk mode ini biasa digunakan ketika komputer atau laptop mulai berjalan lambat akibat dari penggunakan berbagai aplikasi. Dengan pilihan restart maka sistem akan berhenti sejenak kemudian akan reboot pada sistem awal.

Mode Log Off/Sign Out

Sebagai tambahan untuk mode ini tidak akan mengalami pemutusan daya listrik maupun pemindahan memori. Mode log off digunakan ketika Anda ingin mengganti account user.

Nah itulah tadi pembahasan mengenai perbedaan sleep, hibernate, shut down, dan restart pada komputer yang Anda gunakan. Untuk mode hibernate menjadi pilihan kebanyakan orang ketika hendak ditinggal, namun tidak ingin menutup aplikasi. Baca 6 Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Awet

Loading...