Perbedaan Sinyal GPRS Sampai Dengan 4G LTE

By Categories : Internet

Kehadiran teknologi 4G LTE mempunyai banyak manfaat bagi para pengguna smartphone. Ini dikarenakan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, sehingga munculnya teknologi 4G LTE yang mampu mengakses sampai dengan 150 Mbps. Secara umum dapat dikatakan GPRS sama dengan 2,5G, EDGE sama dengan 2,75G, EVDO/W-CDMA sama dengan 3G. HSPA+ maupun HSDPA sama dengan 3,5G, dan juga 4G LTE yang merupakan teknologi terbaru dengan kemampuan akses yang lebih cepat.

Perbedaan Sinyal

Namun di Indonesia kehadiran teknologi 4G LTE hanya terdapat di beberapa kota besar saja. Meskipun begitu tidak ada salahnya jika mengetahui apa saja perbedaan antara GPRS, EDGE, EVDO, HSPA+ ataupun HSDPA, serta 4G LTE.

Berikut Perbedaan Sinyal GPRS sampai dengan 4G LTE

GPRS

GPRS atau dikenal dengan General Packet Radio Service merupakan suatu teknologi yang memungkinkan seseorang untuk mengirim atau menerima data dengan kecepatan mulai 56 kbps sampai dengan 115 kbps. Dengan kecepatan tersebut sangat memungkinkan sekali untuk melakukan akses internet, pengiriman e-mail, mms berupa gambar. Meskipun begitu GPRS saat ini masih digunakan untuk ponsel-ponsel biasa. GPRS sama saja setara dengan 2,5G.

EDGE

Perbedaan sinyal yang kedua adalah pada sinyal EDGE. Sinyal EDGE setara dengan 2,75G, di Indonesia sinyal ini masih digunakan dengan rata-rata kecepatan aksesn mencapai 473,6 kbps, sehingga membuat jaringan ini lebih cepat 3 kali dibandingkan dengan jaringan GPRS. Fasilitas yang dimiliki pada jaringan EDGE ini pada umumnya sama dengan GPRS, namun lebih cepat dalam akses internet, pengiriman e-mai,, mms, bahkan streaming video.

EVDO

Yang berikutnya adalah EVDO atau W-CDMA yang merupakan jaringan memiliki kualitas lebih tinggi dibandingkan dengan EDGE. Jika disetarakan jaringan EVDO ini setara dengan 3G yang memiliki kecepatan akses mencapai 480kbps yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti video call, streaming musik, streaming video, browsing internet, pengiriman e-mail, dan berbagai kegiatan lainnya yang berhubungan langsung dengan dunia internet. Jaringan EVDO saat ini masih mendukung kebanyakan ponsel.

HSDPA

HSDPA atau singkatan dari High-Speed Downlink Packet Access merupakan perkembangan dari teknologi 3G. HSDPA dapat disamakan dengan 3,5G. Jaringan HSDPA ini masih berjalan pada perangkat 3G namun memiliki kecepatan yang lebih cepat. Jaringan HSDPA dapat mengakses internet, kebutuhan streaming video, musik, pengiriman data, video call dan banyak lagi. Jaringan HSDPA mampu mengakses sampai dengan kecepatan 42,2 Mbps atau memiliki kecepatan 9 kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G.

4G

Inilah teknologi terbaru saat ini yang disebut dengan LTE Advance yang menjadi perkembangan dari jaringan 3G. Meskipun di Indonesia belum semua wilayah mendukung jaringan ini, tetapi 4G LTE mampu mengakses dengan kecepatan rata-rata mencapai 150 Mbps, sehingga berkali-kali lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G maupun 3,5G. Hingga saat ini banyak produsen smartphone yang mulai memproduksi smartphone 4G LTE murah dengan berbagai fitru menarik. Untuk menikmati jaringan 4G hanya terdapat beberapa operator di Indonesia yang menyediakan.

Nah itulah tadi beberapa perbedaan sinyal GPRS sampai dengan 4G LTE yang dapat Anda ketahui.

Loading...