Perbedaan RAM dan ROM

By Categories : Hardware

RAM dan ROM merupakan perangkat memori yang terdapat pada PC, Laptop, serta gadget lainnya. Banyak orang yang bingung terhadap RAM dengan ROM yang memang mempunyai nama yang hampir sama. Maka dari itu kita harus memahami definisi dan perbedaan mengenai RAM dan ROM. Hal ini memang sangat penting untuk diketahui ketika kita akan membeli sesuatu. Kegunaan dari RAM dan ROM berbeda di lihat dari namanya. Nah untuk mengetahui apa perbedaan RAM dan ROM, di bawah ini adalah ulasan yang dapat anda baca sehingga mengerti mengenai definisi dari RAM dan ROM yang memiliki perbedaan. Berikut ulasannya.

Perbedaan RAM dan ROM

Pengertian RAM

Definisi dari RAM atau Random Access Memory merupakan penyimpanan data sementara program dalam komputer yang sedang berjalan atau sedang aktif. RAM pada umumnya dalam besaran Megabyte yang memiliki kecepatan dalam chip serta nanodetik yang bisa membaca data lebih cepat daripada ROM. RAM biasanya juga berupa instruksi atau program yang dapat digunakan pengguna untuk memanfaatkan kinerja komputer agar maksimal. Baca Juga Perbedaan Hacker dengan Cracker

Pengertian ROM

Definisi ROM atau Read Only Memory merupakan sebuah memory yang berfungsi sebagai menyimpan berbagai program yang terdapat pada komputer, laptop, serta gadget. ROM ini biasanya dapat menyimpan file berupa musik, film, gambar, dan lain sebagainya. Nah dari pengertian di atas tentu anda sudah mengetahui apa itu pengertian dari RAM dan ROM. Secara singkatnya ROM merupakan ruang yang ada pada komputer atau laptop dan sejenisnya yang dapat menyimpan file, seperti musik, gambar, dll. Sedangkan untuk RAM digunakan sebagai menjalankan aktifitas dari sebuah program yang sedang aktif atau berjalan pada komputer tersebut.

Berikutnya di bawah ini adalah perbedaan RAM dan ROM

RAM

RAM komputer

1. RAM dapat serta di tulisi data kapan saja asal komputer dapat berjalan dengan adanya daya.

2. RAM entah itu berupa data, program yang sedang berjalan akan hilang dengan sendirinya, ketika komputer dimatikan atau dalam keadaan tidak nyala.

3. RAM tidak akan menyimpan data, ketika tidak ada daya. Hal itulah yang menyebabkan data yang ada pada RAM secara otomatis akan hilang, jika tidak terdapat daya.

4. RAM kebanyakan berwujud IC atau Integrated Circuit.

5. Biasanya orang membeli RAM tambahan yang di pasang guna untuk menambah kinerja optimal komputer atau laptop saat menjalankan banyak program atau aplikasi.

ROM

ROM komputer

1. Pengisian data, informasi program memerlukan proses yang tidak semudah dan fleksibel cara penulisannya pada RAM. Biasanya data yang ada atau program sudah diisi oleh pabrik.

2. ROM dapat menyimpan data walaupun tidak membutuhkan daya atau ketika komputer sedang tidak menyala.

3. ROM ini bersifat permanen. Tidak mudah hilang walaupun komputer di matikan atau mendadak mati sendiri.

4. ROM tidak dapat diisi atau di tulisi data sewaktu. Pada umumnya ROM digunakan juga untuk firmware yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perankat keras pada komputer. Contohnya adalah ROM BIOS yang berisi tentang program dasar sistem komputer.

ROM BIOS berfungsi untuk menyiapkan semua peralatan atau komponen yang sudah terpasang pada komputer, laptop ketika komputer dinyalakan.

5. ROM modern atau buatan saat ini biasanya sering ditemukan dengan bentuk Integrated Circuit.

Itulah perbedaan RAM dan ROM yang dapat anda pahami, sehingga anda akan mengetahui perbedaan yang di miliki antara RAM dan ROM. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca Juga Artikel Lainnya Perbedaan Grafis Nvidia dengan Ati Radeon

Loading...