Perbedaan Notebook dan Netbook

By Categories : Hardware

Perkembangan teknologi tidak akan ada habisnya, dari tahun ke tahun selalu muncul teknologi baru dari berbagai aspek. Beberapa dekade lalu mungkin kita belum merasakan teknologi komputer secanggih saat ini. Sekarang komputer sudah dapat beralih dengan bentuk mobile, atau tablet yang dapat kita gunakan di manapun berada, karena mudah untuk di bawa. Selain itu juga mulai munculnya nama-nama baru seperti komputer, tablet, netbook, laptop, serta ultrabook, dll yang terkadang dapat membuat kita bingung.

Sebenarnya arti nama seperti laptop, netbook, notebook tidak terlalu penting yang terpenting adalah spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Namun tentu tak ada salahnya jika mengetahui perbedaan Notebook dan Netbook. Lalu apa perbedaannya yang terkadang dapat membuat kita bingung? Berikut adalah pembahasannya.

notebook dan netbook

Perbedaan Notebook dan Netbook

Dari Segi Ukuran

Perangkat yang paling kecil adalah netbook yang mempunyai ukuran 7-12 inci saja. Jadi jika laptop dengan ukuran 7-12 inci maka disebut dengan netbook. Untuk ukuran yang lebih besar sekitar 12-16 inci maka di sebut dengan laptop atau notebook. Nah mudah juga kan untuk membedakannya. Baca Juga Perbedaan RAM dan ROM

Segi Spesifikasi

Notebook

Untuk notebook memiliki prosesor yang mulai dari standart misal Core Duo, sampai dengan Intel Core i7 dengan generasi terbaru. Untuk masalah RAM biasanya laptop atau notebook dapat di upgrade juga dengan terdapat 2 slot RAM dan dapat mencapai 8 GB, mempunyai kapasitas harddisk yang cukup besar bahkan notebook sekarang dapat mencapai 1 TB (1000GB), untuk laptop yang high end. Dari segi grafis laptop sudah di bekali dengan dual grafis misal seperti grafis Intel sebagai grafis standart dan di tambah juga dengan grafis Nvidia atau AMD Radeon. Baterai pada laptop cenderung bervariasi tergantung dengan harga pada laptop tersebut. Biasanya harga dari laptop berkisaran mulai dari 4 Juta Rupiah.

Netbook

Pada umumnya spesifikasi yang di miliki oleh laptop berbeda dengan apa yang ada pada netbook. Netbook merupakan versi mini dari laptop atau notebook. Biasanya netbook menggunakan prosesor Intel atom, RAM antara 1-2 GB, harddisk yang tidak terlalu besar jika di bandingkan dengan laptop, serta grafis yang standart. Baterai pada netbook dapat terbilang cukup tahan lama, namun anda harus memperhatikan penggunaan seperti multimedia ringan, berselancar di internet, serta pekerjaan ringan lainnya. Untuk Netbook anda dapat membelinya mulai kisaran harga 2 Juta Rupiah.

Itulah pembahasan mengenai perbedaan notebook dan netbook yang jelas berbeda. Namun untuk laptop dengan notebook ada pula yang mengatakan sama dan ada pula yang mengatakan berbeda. Jika di lihat dari perkembangan jaman nama notebook adalah nama keren selain laptop. Di Amerika nama notebook lebih populer daripada laptop dan di Indonesia sebaliknya. Saat ini orang memang membutuhkan komputer portable yang ringan di bawa ke mana-mana dengan spesifikasi yang lebih tinggi dan. Apapun namanya yang terpenting adalah mengetahui spesifikasi di dalamnya agar ketika membeli tidak merasa kecewa di kemudian hari. Sekian dan semoga bermanfaat. Baca Juga Artikel HP Murah Nokia 2 Kartu

Loading...