Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

By Categories : Tekno

Kabel UTP dan kabel STP secara umum memang terlihat sama. Kedua kabel tersebut masuk ke dalam kategori twisted pair yang tak bisa dianggap sama. Kabel jenis UTP dan STP menjadi jenis kabel yang sering digunakan dalam membangun jaringan komputer. Selain kedua kabel di atas terdapat pula kabel jenis fiber optik yang juga digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer. Kabel jenis fiber optik memang memiliki kecepatan transfer data yang lebih cepat.

Perbedaan kabel UTP dan STP

Mengingat perannya cukup penting kabel UTP dan kabel STP memiliki perbedaan mendasar yang perlu untuk diketahui. Untuk lebih jelasnya mengenai apa saja perbedaan mengenai kabel UTP dan kabel STP? Yuk langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Segi Instalasi

Untuk segi instalasi kabel UTP memiliki ukuran yang lebih kecil serta material bahan yang digunakan lebih tipis, sehingga ketika melakukan proses instalasi menggunakankabel jenis UTP lebih mudah untuk dilakukan. Namun untuk memaksimalkan proses instalasi dengan menggunakan jenis kabel UTP ini membutuhkan perangkat seperti pipa aluminium atau pipa dari plastik.

Sedangkan untuk kabel jenis STP memiliki ukuran diameter yang lebih besar serta material bahan pembungkus cukup tebal, sehingga ketika proses instalasi berlangsung akan sedikit merepotkan. Oleh karena itu ketika melakukan proses crimping perlu berhati-hati agar tak terluka mengingat bentuk fisik yang cukup kaku.

Segi Harga

Untuk segi harga keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Untuk kabel UTP memiliki karakter sederhana dengan proses instalasi yang cukup mudah. Sedangkan untuk kabel STP memiliki pelindung cukup tebal sehingga saat proses instalasi cukup rumit. Untuk kabel UTP memiliki harga yang lebih murah sehingga banyak digunakan, sedangkan untuk kabel STP memiliki harga yang lebh mahal sehingga kurang disukai saat membangun sebuah jaringan komputer.

Segi Fungsi

Untuk kabel UTP sangat cocok untuk digunakan membangun sebuah jaringan komputer yang bersifaat indoor atau di dalam ruangan. Sedangkan untuk kabel STP sering digunakan pada jaringan komputer outdoor atau luar ruangan. Hal ini dikarenakan kabel STP lebih tahan terhadap cuaca jika dibandingkan dengan kabel UTP mengingat bahan pelindung pada kabel STP lebih tebal dibanding dengan kabel UTP yang tak memiliki perlindungan aluminium di dalamnya. Selain itu kabel STP juga memiliki perlindungan terhadap masuknya air melalui konektor yang bisa menyebabkan cepat korosi.

Segi Konektor

Perbedaan kabel UTP dan kabel STP berikutnya pada segi konektor. Untuk konektor yang digunakan entah kabel UTP dan kabel STP secara umum berbeda. Untuk kabel UTP menggunakan konektor yang dinamakan RJ-45. Sementara untuk kabel STP menggunakan konektor dengan kode RJ-11. Konektor tersebut bersifat mutlak, karena jika salah menggunakan konektor maka kabel dapat mengalami masalah mengingat bukan salah dalam penggunaan konektor. Kedua konektor tersebut berbeda karakter, konektor untuk kabel STP memang lebih kuat karena fungsinya yang lebih cocok untuk outdoor dengan harga yang lebih mahal pula.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai perbedaan kabel UTP dan kabel STP yang dapat Anda ketahui.

Loading...