Perbedaan Internet dan Intranet

By Categories : Internet

Dengan berkembangnya teknologi di kalangan masyarakat seolah menjadi kebutuhan pokok di era global ini. Dengan teknologi yang semakin canggih membuat orang semakin mudah dalam hal berkomunikasi. Saat ini berkomunikasi semakin mudah dengan hadirnya perangkat pintar di pasaran. Banyaknya pilihan perangkat pintar menjadi keuntungan bagi masyarakat dalam memilih perangkat yang mereka inginkan.

Pasalnya saat ini untuk mendapatkan perangkat berkualitas dengan harga terjangkau tergolong mudah dengan banyaknya vendor yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Setiap perangkat pintar biasanya disertai dengan fasilitas internet. Dengan adanya akses internet membuat pengguna dapat mengetahui berbagai informasi yang mereka butuhkan.

Perbedaan Internet dan Intranet

Kehadiran internet sangat membantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Di Indonesia sendiri sudah banyak provider internet yang menawarkan akses internet dengan biaya dan kecepatan bervariasi. Secara umum internet dan intranet merupakan hal yang sangat populer di kalangan ahli IT. Akan tetapi berbeda dengan orang awam yang mengenal internet lebih ketimbang intranet. Sedangkan bagi mereka yang terjun dalam dunia IT tentu sudah paham mengenai perbedaan keduanya.

Pada dasarnya internet dan intranet memiliki beberapa perbedaan di dalamnya. Nah bagi Anda yang belum mengetahui apa itu perbedaan internet dan intranet, di bawah ini terdapat beberapa informasi mengenai perbedaan keduanya. Silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Perbedaan Internet dan Intranet

Internet

Pada tahun 1969 internet pertama kali muncul yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat proyek ARPANET atau disebut dengan (Advance Research Project Agency Network). Internet atau disebut juga dengan interconnection networking adalah suatu jaringan komunikasi yang sifatnya sangat luas bahkan sampai mendunia. Dalam jaringan komunikasi ini dihubungkan oleh sistem yang disebut dengan TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol).

Jaringan ini sifatnya sangat luas dan tidak terbatas, sehingga dapat digunakan oleh semua orang yang berada di dunia asalkan mereka terhubung dengan layanan dari internet service provider atau terhubung dengan koneksi WiFi. Dengan adanya internet sangat memungkinkan pengguna untuk saling bertukar informasi dengan orang lain, berinteraksi dari jarak jauh, dan juga berkomunikasi. Baca Juga 5 Aplikasi Cari Jodoh di Android Online

Intranet

Intranet merupakan suatu jaringan (Privater Network) menggunakan protocol internet TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol) dalam berbagi segala informasi hanya dalam lingkup lokal saja. Sebagai contoh intranet biasanya digunakan pada perusahaan atau perkantoran, sekolah, universitas, dan lain sebagainya. Intranet juga disebut dengan suatu jaringan LAN (Local Area Network) dengan cakupan wilayah kecil atau lokal saja. Perbedaan keduanya sebagai berikut :

Internet

  • Akses jaringan yang sangat luas dalam arti seluruh dunia.
  • Perkembangan teknologi yang semakin pesat.
  • Dapat digunakan oleh semua orang dan kapan saja. Internet dapat diakses dari layanan provider atau akses WiFi.

Intranet

  • Jaringan lebih bersifat sempit (lokal), karena bersifat pribadi atau hanya untuk kepentingan organisasi saja.
  • Secara umum merupakan LAN, WAN, atau MAN.
  • Pada umumnya intranet hanya digunakan pada perusahaan, sekolah, universitas, dan lain-lain.

Demikianlah tadi beberapa pembahasan mengenai perbedaan internet dan intranet. Pada dasarnya keduanya digunakan berdasarkan kebutuhan. Selain itu keduanya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baca Merk Power Bank Berkualitas

Loading...