Perbedaan Hub dengan Switch

By Categories : Hardware

Hub dan Switch merupakan komponen dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk membagikan koneksi yang terhubung dengan port lain guna membantu mengkoneksikan dari sebuah komputer ke komputer lainnya. Switch dan hub berperan sebagai central atau pusat. Sebelum mengetahui apa perbedaan yang dimiliki keduanya, tak ada salahnya jika mengetahui pengertian antara hub dan switch. Keduanya memang sama-sama berkaitan dengan komponen hardware jaringan komputer.

Switch merupakan hardware atau perangkat keras yang memiliki tugas untuk menditribusikan paket data dalam jaringan komputer. Switch mengenal beberapa topologi jaringan, sehingga membuat paket data sampai tujuan dengan tepat.

Perbedaan Hub dengan Switch

Hub atau repeater merupakan perangkat jaringan yang tidak mengatur alur jalannya data pada sebuah jaringan komputer. Jadi paket data yang melewati Hub akan dikirim ke semua port yang ada sampai dengan ke tujuan. Secara umum Hub digunakan dalam menghubungkan segmen LAN. Nah untuk mengetahui perbedaan lebih lanjut, simak perbedaan Hub dengan Switch di bawah ini!

Berikut Perbedaan Hub dengan Switch

Cara Kerja

Cara kerja Hub untuk mengirimkan serta menerima sinyal listrik melalui kabel yang telah tersambung. Sementara switch tidak hanya mengirimkan atau juga menerima sinyal, melainkan juga memproses informasi yang ada pada layer data link. Untuk informasi yang dicek seperti MAC Address pada tiap komputer serta perangkat yang telah terhubung sebelumnya. Baca Cara Menghilangkan Virus dan Malware pada Komputer

Tingkat Kehandalan

Meskipun cara kerja dari hub cukup sederhana, namun masalah kinerja switch lebih bagus ketimbang hub. Lalu kenapa demikian? Ini dikarenakan untuk switch menggunakan sistem seleksi pada semua perangkat yang telah terhubung dengan perangkat tersebut. Adapun yang diseleksi oleh switch diantaranya seperti MAC Address pada komputer ataupun perangkat jaringan lain yang terhubung.

Sementara untuk hub tidak mempunyai kemampuan yang dimiliki oleh switch. Ketika sinyal yang telah dterima oleh hub melalui salah satu port, maka langsung akan dikirim menuju seluruh port yang ada. Hal ini dikarenakan hub tidak memiliki kemampuan dalam memastikan kemana tujuan sinyal yang diterima. Perangkat keras dalam jaringan komputer ini hanya mengirim dan menerima sinyal

Kecepatan Transfer

Perbedaan hub dan switch berikutnya masalah kecepatan transfer data switch lebih cepat ketimbang hub. Ini disebabkan switch mampu menyeleksi lebih dulu MAC Address mana yang akan menjadi tujuan. Berbeda dengan hub yang mengirim sinyal secara menyeluruh, tidak memperdulikan perangkat mana yang akan menjadi tujuan data.

Sistem Keamanan

Untuk masalah keamanan switch juga memiliki keamanan yang lebih baik ketimbang hub. Ini dikarenakan ketika data yang terkirim belum tentu semuanya utuh. Melainkan paket data yang dikirim terlebuh dahulu diperiksa oleh switch guna memastkan data tersebut bersifat aman. Sehingga ketika terdapat data yang mencurigakan maka tidak akan sampai menuju komputer yang menjadi tujuannya.

Harga

Untuk masalah harga keduanya memiliki perbedaan, untuk switch memang memiliki harga yang lebih mahal ketimbang hub. Ini dikarenakan dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh switch.

Nah itulah tadi beberapa pembahasan mengenai perbedaan hub dengan switch yang dapat Anda ketahui. Baca Aplikasi Android Terbaik Setelah Root

Loading...