Perbedaan GSM dengan CDMA

By Categories : Internet

GSM dan CDMA mungkin sering kita dengar yang keduanya berkaitan dengan komunikasi. Di Indonesia kehadiran GSM dan CDMA sering kita dengan ketika membahas mengenai SIM Card, modem, ataupun juga ponsel. Meskipun kita sering mendengarkany, akan tetapi tidak sedikit dari kita yang tidak mengetahui apa itu perbedaan GSM dan CDMA. Keduanya memiliki perbedaan yang mendasar yang perlu Anda ketahui, terlebih bagi Anda yang akan mencari ponsel apakah menggunakan jaringan GSM atau jaringan CDMA.

Saat ini penggunaan ponsel CDMA tidak kalah juga dengan pengguna GSM. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai seri ponsel CDMA yang menawarkan spesifikasi keren dengan harga yang cukup terjangkau. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Nah untuk mengetahui lanjut mengenai apa perbedaan keduanya, silahkan simak pada pembahasannya di bawah ini!

Perbedaan GSM dengan CDMA

Berikut Perbedaan GSM dengan CDMA

GSM merupakan singkatan dari Global System for Mobile yang merupakan salah satu jenis jaringan komunikasi yang bekerja dengan cara mengirim paket data berdasarkan timeslot atau dikenal dengan istilah paket waktu. Pada GSM menggunakan sistem yang disebut dengan TDMA atau Time Division Multiple Access. Sistem tersebut bekerja dengan cara menggunakan waktu untuk perantara akses. Ketika sudah digunakan satu pengguna, maka pengguna lainnya tidak bisa mengaksesnya.

Terdapat banyak keuntungan yang dimiliki dari kartu GSM. Keuntungan-keuntungan tersebut misalnya memiliki kenyamanan saat berhubungan untuk keperluan komunikasi, suara yang dihasilkan oleh jaringan GSM juga cenderung lebih jelas, ponsel dengan dukungan GSM dapat menggantinya dengan kartu lain sesama GSM. Adapun kartu GSM yang beredar di Indonesia misalnya kartu Indosat, Simpati, XL dan banyak lagi.

Saat ini jaringan GSM sudah terpasang luas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sampai dengan ke plosok negeri sekalipun. Dengan banyaknya kelebihan yang dimiliki, tak membuat GSM memiliki kekurangan. Kekurangan GSM yakni sistem informasi yang mudah bocor, hal ini dikarenakan menggunakan timeslot atau paket waktu tanpa menggunakan kode khusus dan dengan cara bergantuan. Dengan begitu orang dapat mudah mendapatkan informasi pengguna sebelumnya. Baca Aplikasi Widget Keren Android 2015

CDMA merupakan singkatan dari Code Division Multiple Access dimana CDMA telah menggunakan kode khusus yang membuat jaringannya tidak mudah untuk disadap. Dalam arti para pengguna CDMA memiliki keamanan lebih dari resiko kebocoran informasi. Jaringan CDMA dapat diibaratkan sebagai bus yang memiliki banyak penumpang. Masing-masing penumpang memiliki kode sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain.

Ketika akan berkomunikasi, kode akan mengirimkan akses. Karena tiap orang memiliki kode yang berbeda, pengguna dapat bebas dalam berkomunikasi dengan pengguna lain. Selain itu CDMA juga dapat bersaing untuk masalah biaya. Meskipun lebih aman, CDMA juga memiliki kekurangan seperti jaringan CDMA yang kurang luas di Indonesia. Di Indonesia keberadaannya GSM dan CDMA terus bersaing, namun GSM lebih mendominasi dibanding dengan CDMA. Ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya pilihan provider yang lebih banyak serta memiliki sinyal cukup baik dengan banyaknya pilihan yang lebih fleksibel dan lebih luas.

Demikianlah tadi beberapa perbedaan GSM dan CDMA yang dapat Anda ketahui. Keduanya saling bersaing untuk menarik perhatian para konsumen di pasaran. Saat ini CDMA juga tidak kalah dengan GSM yakni dengan hadirnya Smartfren yang menggunakan teknologi 4G LTE pada jaringannya yang diaplikasikan pada seri ponsel dari Smartfren. Baca Macam-Macam Bahasa Pemrograman

Loading...