Perbedaan Google dan Yahoo dan Kelebihan Serta Kekurangannya

By Categories : Internet

Diera modern sekarang ini, siapa sih yang nggak tahu internet? Semua hal rasanya berhubungan dengan nama yang satu itu. Internet memang memberikan kita kemudahan dalam mengakses pengetahuan dari berbagai macam hal secara luas. Internet juga memudahkan kita mencari berita dari pulau lain atau bahkan negara lain. Kemudahan dalam internet ini tidak lepas dari fitur atau disebut dengan search engine yang membantu kita mengakses informasi dari manapun. Search engine yang umum kita kenal adalah google dan yahoo. Pertanyaannya, apa perbedaan google dan yahoo? Karena selain sebagai search engine, ternyata keduanya juga sama-sama layanan jasa periklanan, pemetaan, maupun email dll.

Google didirikan pada tahun 1998 oleh Larry page dan Sergey brin dari universitas Stanford, California. Sedangkan yahoo didirikan oleh Jerry yang dan David fili pada tahun 1994.

sa

Baik yahoo maupun google, keduanya populer dalam masyarakat yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua nama tersebut juga saling bersaing satu sama lain dan keduanya sama-sama berpusat di California. Perbedaan antara google dan yahoo cukup banyak, salah satunya adalah google memiliki kemampuan indeksing lebih cepat dibandingkan yahoo. Google hanya membutuhkan waktu indeksi hitungan hari, sedangkan yahoo bisa membutuhkan waktu 2 – 3 minggu.

Perbedaan google dan yahoo lainnya adalah google lebih sering melakukan refreshing dibandingkan yahoo. Hal ini menyebabkan sangat sulit mempertahankan posisi kita di google dalam waktu lama. Google tidak memperhatikan meta keyword, sedangkan yahoo masih memperhatikan meta keyword. Meta keyword merupakan kata kunci yang biasanya digunakan untuk mengurutkan halaman web kedalam mesin pencari.

Perbedaan lainnya adalah, google lebih sering menggunakan algoritma word sensitive jika dibandingkan dengan yahoo. Contohnya adalah jika kita mengetikan kata ‘sensitive’ atau ‘sensitf’ hasil pencarian keduanya tidak berubah. Jika yahoo mensuport meta tag sedangkan google tidak mensuportnya. Perbedaan google dan yahoo lainnya adalah google peduli dengan quality incoming links, sedangkan yahoo tidak peduli. Perbedaan-perbedaan ini mempengaruhi mana yang lebih baik antara google dan yahoo. Sebagai search engine, google memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan yahoo. Hal ini dikarenakan google memberikan hasil yang lebih cepat dan juga meta wordnya lebih banyak, yang berarti walaupun kita salah ketik, kita masih bisa mengakses informasi yang kita inginkan. Namun jika dilihat dari mail, maka yahoo adalah pilihan yang terbaik dikarenakan yahoo memiliki kapasitas unlimited, sehingga email yang masuk tidak akan menghapus email lama. sama seperti email, yahoo massengger juga lebih baik dibandingkan dengan google.

Untuk kualitas dan popularitas, lebih unggul google dibandingkan dengan yahoo. Hal ini dikarenakan google memiliki fitur yang lengkap dan juga halamannya simple dan memiliki bandwithnya kecil. Itulah sedikit banyaknya perbedaan antara google dan yahoo yang bisa menjadi dasar petimbangan kita dalam memilih yahoo maupun google. Baca juga Dampak positif internet.

Loading...