Perbedaan Format RAW Dan JPG Dalam Kamera

By Categories : Software

Anda senang akan dunia fotografi atau senang berselfie ria? Nah, apakah format file yang anda kenakan sudah menghasilkan hasil jepretan yang bagus pula? Jika anda masih bingung, kini anda perlu mengetahu beberapa cara untuk mengatahui perbedaan format RAW dan JPG dalam kamera. Penggunaan kamera sebagai salahsatu alat untuk mengabadikan moment dalam kehidupan kita merupakan hal yang paling penting untuk anda miliki di era saat ini, berpergiaan jauh sangat disayangkan apabila tidak ada satu kenangan yang bisa anda kenang di kemudian hari bukan.

White house, jpeg original.

Untuk itulah penggunaan kamera dengan memori dan resolusi tinggi sangat diharuskan dalam menentukan hasil jepretan anda. Namun, beberapa hal ketika melakukan jepretan anda terkadang tidak memahami betul format file apa yang lebih baik anda gunakan. Berikut akan dibahas mengenai perbedaan format RAW dan JPG bagi anda yang menyukai dunia fotografi.

Setiap menekan tombol shutter dan memotret dengan mengunakan kamera DSL ataupun kamera digital sebenarnya kamera sudah merekam data mentah yang diterima oleh RAW secara belum jadi, lalu data – data RAW yang masuk tersebut di dalam kamera akan mengalami beberapa parameter, misalnya saja jarak foto yang perlu di tingkatkan ketajamannya, lalu setting untuk keseimbangan anatara subyek dan objeknya, sampai hingga kontras dan pengaturan lainnya yang dipakai. Nah, hasil olahan data dari perangkat lunak tersebut kemudian dikirim ke memori yang tersedia dalam kamera dalam bentuk JPG. Dengan penjelasan diatas sebenarnya anda sudah bisa mengetahui perbedaan RAW dan JPG bukan, pertama bahwa RAW merupakan bahan mentah/ data yang belum dikelola oleh softtware yang ditangkap oleh sensor kamera, sedangkan JPG merupakan data yang sudah diolah oleh perangkat lunak kamera itu sendiri.

Jika anda ingin mengenakan format RAW dalam kamera anda, anda bisa mensetting nya secara manual di pilihan pengaturan menu format, dan dengan kata lain maka anda memerintahkan kamera untuk bekerja secara langsung mengenai data yang ia dapatkan meski masih dalam keadaan data mentah untuk segera mengirimnya dari sensor ke memori card kamera anda, dan jika anda memilih data JPG maka anda memerintahkan kamera untuk langsung memproses data yang ada dalam kamera anda dari sensor, kemudian barulah di trasnfer ke media penyimpanan memori card.

Perbedaan format RAW dan JPG ini juga bisa dilihat dari beberapa keuntungan dan kerugian yang bisa anda pelajari, seperti misalnya;

  • Keuntungan menggunakan format penyimpanan file RAW adalah anda bisa mengotak –atik atau mengedit secara bebas file mentah tersebut menjadi sebuah hasil keluaran foto sesuai dengan keinginan anda dibantu dengan menggunakan program aplikasi pendukung seperti misalnya photoshop,ACDSee,GIMP dan masih banyak lagi, selain itu juga anda bisa menyimpan file yang telah anda lakukan rombakan tersebut ke dalam format lain yang anda inginkan.
  • Keuntungan menggunakan format penyimpanan file JPG, biasanya ukuran dari format file JPG ini bisa dikatakan lebih kecil dari format RAW, nah hal ini pula tentu akan semakin memudahkan bagi anda untuk memproses pengolahan data atau gambar hasil jepretan anda sendiri bukan, jika anda memang menginginkan kualitas foto yang keseluruhannya bagus, dan tidak ingin terlalu besar dalam ukuran resolusinya anda bisa menggunakan JPG sebagai pilihannya.
  • Kerugian menggunakan format file RAW ini adalah dari sisi ukuran yang jika dibandingkan dengan format JPG bisa memakan 4 kali lebih besar, dan tidak dapat dilakukan pengkompresian ukuran sehingga dalam prosesnya memerlukan waktu yang lama.
Loading...