Untuk membantu menghindari komputer dari virus, sangat penting bahwa Anda menjaga saat komputer Anda dengan update terbaru dan alat-alat antivirus, tetap informasi tentang ancaman baru-baru ini, menjalankan komputer Anda sebagai pengguna standar (bukan sebagai administrator), dan bahwa Anda mengikuti beberapa aturan dasar ketika Anda berselancar di Internet, download file, dan membuka lampiran. Karena virus baru tiba setiap hari, sangat penting untuk menjaga definisi virus Anda up-to-date. Pastikan untuk mengaktifkan fitur automatic-update perangkat lunak pemindaian dan memilikinya melakukannya setiap hari.

Malware-transiskom

Pastikan Anda menggunakan Firewall. Firewall adalah sebuah software atau perangkat keras yang berada di antara komputer Anda dan jaringan dan hanya memungkinkan tipe tertentu dari data untuk menyeberang. Sebagai contoh, firewall memungkinkan memeriksa email dan browsing web, tapi melarang hal-hal seperti Windows file sharing.

Dengan sebagian besar hal-hal yang hanya sedikit informasi yang dapat membantu Anda melindungi diri sendiri. Apa perbedaan antara Virus Komputer, Worm, Malware, Adware, Trojan dan Spyware?

  • Virus adalah sebuah program untuk menyebabkan kerusakan pada komputer. Virus komputer juga menyebar melalui download di internet. Mereka dapat disembunyikan dalam perangkat lunak gelap atau file atau program Anda mungkin men-download lainnya. Setelah virus pada komputer Anda, jenis atau metode yang digunakan untuk sampai ke sana adalah tidak sepenting menghapus dan mencegah infeksi lebih lanjut. Virus dapat menyamar sebagai lampiran gambar lucu, kartu ucapan, atau file audio dan video.
  • Sebuah Worm adalah program yang menginfeksi komputer yang dihubungkan oleh beberapa jaringan. Worms memperlambat jaringan.
  • Malware adalah program dengan niat jahat. Hal ini dapat merusak komputer Anda, memata-matai Anda atau tugas yang berbahaya lainnya.
  • Adware adalah program yang memberikan iklan ke komputer Anda (biasanya dalam bentuk POP-UP). Mereka mengkonsumsi jaringan Anda.
  • Trojan adalah program yang digunakan untuk mendapatkan akses ke komputer dengan menginstal sebuah program pada PC yang terinfeksi untuk membuka beberapa backdoor. [Trojan juga dikenal sebagai Back-pintu].
  • Spyware adalah program yang digunakan untuk memonitor / Log aktivitas yang dilakukan pada komputer. Ini digunakan untuk memata-matai seseorang baik untuk tujuan legal maupun ilegal. Contoh: aplikasi Key-logger.

Berikut adalah beberapa indikator bahwa komputer Anda mungkin terinfeksi:

1. Komputer Anda telah menjadi tidak stabil. Apakah komputer Anda tampaknya berjalan lebih lambat dari sebelumnya?

2. Pesan aneh yang menunjukkan bahwa Anda tidak dapat mengakses drive tertentu pada komputer Anda adalah tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah.

3. Jika Anda melihat bahwa ukuran file yang berfluktuasi bahkan jika Anda tidak mengakses file-file, itu tanda lain dari virus komputer.

4. Jika situs Anda telah berubah sendiri

5. Indikator lainnya termasuk perangkat keras (seperti printer) yang tidak menanggapi perintah. Sementara tidak ada yang menjamin adanya virus, mereka menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan mesin Anda.