Perbedaan 32 bit dan 64 bit

By Categories : Software

Mungkin banyak orang belum mengetahui mengenai sistem berbasis 32 bit dan 64 bit. Pada komputer atau laptop Anda yang menggunakan sistem operasi Windows tentu menggunakan antara 32 bit dan 64 bit. Pada umumnya basis 32 bit dan 64 bit memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun masih banyak orang bingung mengenai perbedaan keduanya. Terkadang ketika membeli laptop, orang belum mengetahui apa yang pantas digunakan untuk sistem operasi 32 bit atau 64 bit tentunya untuk pengguna Windows.

32 bit tidak berlaku untuk pengguna Apple, karena iOS atau Machintosh sudah menggunakan basis 64 bit. Hal ini tentu harus Anda pahami perbedaan 32 bit dan 64 bit, lalu apa yang membedakan keduanya? Untuk mengetahuinya, berikut adalah pembahasan yang dapat Anda baca agar mengetahui perbedaan kedua basis yang sering digunakan pada sistem operasi Windows.

perbedaan 32 bit dan 64 bit

Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Pengertian 32 bit dan 64 bit

Sebelum pembahasan lebih lanjut, alangkah baiknya jika mengetahui pengertian masing-masing mengenai perbedaan 32 bit dan 64 bit. Sistem operasi 32 bit merupakan suatu aristektur pada prosesor laptop atau komputer yang memiliki register yang berukuran sebesar 32 bit. Sedangkan untuk 64 bit adalah suatu arsitektur pada prosesor yang memiliki register dengan ukuran 64 bit.

Segi Pemrosesan Data

Perbedaan 32 bit dan 64 bit terletak pada pemrosesan data yang ada pada CPU. Jika pada komputer yang menggunakan sistem operasi 32 bit, maka data yang diproses dalam sekali siklus pemrosesan hanya sebesar 32 bit saja. Sedangkan untuk komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi seperti Windows 64 bit, maka pemrosesan data yang dilakukan dalam waktu sekali hanya proses dengan memuat jumlah data sebesar 64 bit. Dengan begitu perintah pemrosesan pada windows 64 bit dapat memuat lebih banyak data ketimbang yang terjadi pada windows 32 bit.

Faktor Batasan RAM

Jumlah kapasitas RAM pada laptop atau komputer juga mempengaruhi penggunaan basis 32 bit atau 64 bit (Baca Juga Perbedaan RAM dan ROM). Oleh karena itu biasanya penggunaan windows 32 bit memiliki batasan jumlah kapasitas RAM lebih rendah jika dibandingkan dengan komputer yang menggunakan 64 bit. Misal Windows 32 Bit cocok untuk laptop atau komputer yang menggunakan RAM sebesar 1 sampai 2 GB. Sedangkan untuk Windows 64 bit cocok untuk RAM 4 GB ke atas. Jika dipaksakan penggunaan Windows 32 bit pada RAM 4 GB maka komputer akan membaca RAM hanya sebesar 3 GB saja. Jadi alangkah baiknya jika RAM sebesar 4 GB menggunakan sistem operasi 64 bit.

Kinerja yang Berbeda

Dalam hal ini pada pekerjaan yang dapat dilakukan oleh 32 bit dan 64 bit jelas berbeda. Jika pada komputer Windows 32 bit, pekerjaan yang dilakukan oleh komputer hanya pekerjaan relative ringan. Sedangkan untuk komputer atau laptop yang menggunakan window 64 bit dapat melakukan pekerjaan relative berat seperti mengedit video, mengedit gambar, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentu memakan jumlah memori yang banyak sehingga cocok jika menggunakan 64 bit karena jumlah RAM yang besar. Selain itu sisi keamanan Windows 64 bit lebih aman jika dibandingkan dengan Windows dengan basis 32 bit.

Nah itulah perbedaan 32 bit dan 64 bit, dengan mengetahui perbedaannya maka kita dapat memperkirakan laptop atau komputer mana yang lebih cocok untuk memakai sistem operasi 32 bit atau 64 bit. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Kisah Sukses Pendiri Instagram

Loading...