Perbandingan Jaringan 4G di Indonesia dari 5 Operator Telekomunikasi

By Categories : Internet

Sejak disahkan jaringan 4G tahap kedua oleh Kemenkominfo dengan frekuensi 1.800 MHz, para penyedia layanan telekomunikasi mulai melakukan uji jaringan di beberapa wilayah di Indonesia. Ada lima operator seluler yang mengikuti peresmian pada acara ini, antara lain Telkomsel, XL Axiata, Indonesat, Tri, dan Smartfren. Uji coba ini dilakukan di lima kota besar di Indonesia, antara lain Makasar, Lombok, Balikpapan, Banjarmasin, dan Batam. Lalu berapa perbandingan kecepatan  jaringan 4G dari operator telekomunikasi tersebut?

Jaringan 4G di Indonesia

Jaringan 4G di Indonesia merupakan teknologi jaringan terbaru yang memiliki akses kecepatan hingga 150 MBps. Ini merupakan generasi ke empat jaringan telekomunikasi yang memiliki kecepatan dan efesiensi jaringan sehingga para pengguna akan lebih nyaman dalam akses internet. Hal ini membuat kehadiran layanan 4G LTE disambut gembira oleh pengguna internet di Tanah Air.

Hingga saat ini terdapat lima operator seluler yang menyediakan layanan 4G LTE, dan banyak yang penasaran berapa rata-rata kecepatan maksimal yang dicapai jaringan 4G di Indonesia dari masing-masing operator telekomunikasi tersebut.

  1. Telkomsel

Telkomsel merupakan operator seluler pertama yang siap menggunakan layanan 4G di Indonesia pada frekuensi 1.800 MHz secara komersial. Pihak Telkomsel mengklaim jika pada uji coba yang dilakukan di kota Makassar jaringan 4G Telkomsel mencapai kecepatan rata-rata 72 MBps. Untuk memberikan akses jaringan yang merata di Makassar, Telkomsel membangun 150 eNode B yang mencakup tempat-tempat srtategis. Sedangkan untuk Nasional pihak Telkomsel telah memiliki lebih dari 1.000 BTS.

  1. Indosat

Operator seluler terkemuka Indosat juga telah melakukan uji coba jaringan 4G di Indonesia, tepatnya di kota Balikpapan. Alasan Indosat memilih kota ini adalah agar kembali meraih pelanggan yang banya di Kalimantan. Dengan menggunakan daya pita sebesar 20 MHz pada frekuensi 1.800 MHz, pihak Indosat mengklai mampu mencapai kecepatan rata-rata 90 MBps hingga 100 MBps.

  1. XL Axiata

Uji coba jaringan 4G di Indonesia juga dilakukan oleh XL Axiata di kota Lombok. Alasannya karena lebih dari 85% pelanggan XL berada di daerah tersebut. Sebanyak 10 hingga 15 MHz dialokasika untuk pelanggan 4G LTE XL Axiata. Dengan begitu maka kecepatan yang didapat bisa mencapai 70 MBps hingga 100 MBps.

  1. Tri Indonesia

Anak usaha Hutchison Whampoa ini melakukan uji coba jaringan 4G di kota Banjarmasin. Pihak Tri memegang kanal seluas 10 MHz pada frekuensi 1.8000 MHz. Dari kanal tersebut, Tri mengalokasikan 5 MHZ untuk pengguna 4G di Tanah Air.  Sehingga dengan besar kanal tersebut, kecepatan download yang didapat bisa mencapai 36 MBps dan kecepatan upload mencapai 8 Mbps.

  1. Smartfren

Smartfren memilih kota Batam untuk uji coba jaringan 4G di Indonesia. Smartfren juga merupakan operator CDMA pertama yang melakukan uji coba tersebut di Indonesia. Perusahaan ini menjanjikan layanan 4G LTE di 22 kota. Selain menggunakan smartphone, perusahaan ini juga mengenalkan dia meodem Wi-Fi Andromax M2P dan Andromax M2Y.

Loading...