Perbandingan antara Quad Core dengan Dual Core

By Categories : Tekno

Sekarang ini sudah banyak merk Smartphone yang muncul dengan menawarkan berbagai fitur dan kelebihan masing-masing. Dengan spesifikasi yang berbeda-beda tiap merknya terkadang membuat orang bingung jika ingin membelinya. Untuk itu agar anda tidak bingung alangkah baiknya, jika anda mempelajari dahulu spesifikasi yang ada agar anda tidak kecewa di kemudian hari. Ketika anda sudah mempelajari spesifikasi masing-masing smartphone yang ada, anda ingin membelinya pun anda tidak akan bingung karena sudah ada bekal ilmu yang ada.

dual vs quad core

Setiap anggapan orang berbeda-beda namun jika orang awam pasti kurang mengerti tentang perbedaan cara kerja antara prosesor dual core dan quad core. Dan pasti banyak orang ingin memilih handphone dengan prosesor quad core yang ingin mereka beli hal ini di karenakan bahwa anggapan orang quad core lebih kuat dan canggih daripada dual core. Penasaran perbedaan antara dual core dengan quad core? Untuk mengetahui perbandingan yang ada antara dual core dan quad core, berikut beberapa data yang bisa anda lihat

  • Kuantitas software yang terletak pada dual core lebih banyak daripada quad core, sedangkan kuantitas software yang ada di quad core lebih sedikit di bandingkan yang ada pada dual core
  • Dalam satu buah rangkaian prosesor dual core menggunakan dua inti prosesor, sedangkan prosesor quad core menggunakan empat inti prosesor dalam satu buah rangkaian
  • Jika anda bertanya bagaimana dalam masalah kecepatan? Memang quad core sedikit lebih cepat di bandingkan dual core, hal ini membuat quad core menang dalam kecepatan walaupun beda tipis
  • Untuk masalah cara kerjanya sendiri memang antara dual core dan quad core ini mempunyai cara kerja yang berbeda, namun kinerja ke-duanya hampir mirip atau sama.

Dengan begitu bahwa software yang selalu anda gunakan dapat berjalan dalam satu prosesor inti. Bisa juga di artikan dengan kecepatan dan kelancaran program yang sedang anda jalankan hanya bergantung pada satu inti prosesor saja. Memang hal tersebut yang mempengaruhi perbedaan antara dual core dan quad core.
Ketika keduanya menjalankan program tentu hanya bergantung pada satu inti prosesor, sehingga hal ini menyebabkan keunggulan kecepatan yang di miliki oleh quad core tidak lagi berbeda jauh dengan yang di miliki oleh dual core yang di anggap mempunyai kecepatan yang lebih lambat.

Perbandingan antara dual core dan quad core ini juga dapat anda lihat dengan jelas ketika anda menjalankan multitasking. Tetapi perbedaan tersebut hanya dapat di lihat saat menjalankan program seperti editor video dan program game. Pada saat menjalankan software tersebut perbedaan kedua processor dapat terlihat dengan jelas dari kecepatannya, prosesor quad core lebih cepat dibandingkan dengan dual core hal ini di karena memang semua prosesor yang ada dalam satu perangkat tersebut digunakan seutuhnya.

Itulah beberapa data perbandingan mengenai dual core dengan quad core yang bisa anda pelajari, sehingga ketika anda akan membeli Smartphone yang di lengkapi dengan berbagai fitur yang ada dan kedua prosesor di atas maka anda tidak bingung dan tidak salah memilih. Selain itu dengan mengetahui perbandingan yang ada, maka membuat kita lebih teliti dalam memilih produk yang hendak kita gunakan atau beli.

Loading...