Penyebab Rusaknya Hardisk pada Laptop

By Categories : Hardware

Setelah kemarin membahas mengenai cara merawat hardisk agar awet, pada kesempatan kali ini membahas mengenai penyebab rusaknya hardisk pada laptop. Hardisk merupakan bagian dari sebuah kesatuan pada perangkat komputer atau laptop (Baca Juga Perangkat Keras Komputer beserta Fungsinya). Pada dasarnya hardisk digunakan untuk menyimpan berbagai data atau file yang ada pada komputer atau laptop.

Untuk saat ini memang sudah ada hardisk eksternal alias hardisk yang berada di luar laptop yang mempunyai fungsi yang sama dengan hardisk internal (Baca Juga Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Baik). Peran dari hardisk sangat penting, karena berbagai aktivitas membutuhkan penyimpanan.

Untuk itu sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam mengoperasikan komputer yang terkait dengan hardisk. Lakukan perawatan rutin agar terhindar dari kerusakan. Selain itu Anda juga perlu mengetahui hal apa saja yang menjadi penyebab rusaknya hardisk pada laptop atau komputer.

penyebab rusak hardisk

Penyebab Rusaknya Hardisk pada Laptop

Usia Hardisk

Cukup wajar memang jika faktor usia yang menjadi penyebab rusaknya hardisk pada laptop atau komputer. Namun walaupun demikian, Anda tetap perlu melakukan perawatan terhadap hardisk agar tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan komputer atau laptop mengalami hang atau lemot (Baca juga Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer).

Overheat

Penyebab rusaknya hardisk pada laptop berikutnya adalah overheat atau panas berlebihan. Panas yang berlebihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang ada seperti pemakaian yang terlalu lama yang akibatnya suhu pada laptop naik, bermain laptop pada suhu yang panas hal tersebut juga mempengaruhi, dan lain sebagainya. Nah hal ini dapat diatasi dengan cara istirahatkan sebentar laptop setelah pemakaian yang lama, atau bermain laptop di suhu yang normal.

Mematikan Komputer dengan Sembarangan

Banyak orang yang tidak mengetahui bahaya akan mematikan komputer sembarangan khususnya untuk orang awam. Dengan mematikan komputer sembarangan dapat mengakibatkan hardisk pada komputer cepat rusak. Selain itu juga mengakibatkan kerusakan pada komponen lainnya. Nah untuk mengatasinya, silahkan mengikuti prosedur mematikan yang baik dan benar.

Sering Melakukan Instalasi

Melakukan install ulang secara terus menerus ternyata dapat merusak hardisk pada komputer atau laptop. Instal ulang dilakukan jika tidak ada solusi lain dalam mengatasi eror pada laptop atau komputer. Hal tersebut akan berpengaruh langsung pada hardisk, awalnya hardisk akan mengalami bad sector yang nantinya akan berujung pada kerusakan permanen pada hardisk.

Tidak Sama Sekali Melakukan Defrag

Penyebab rusaknya hardisk pada laptop atau komputer berikutnya adalah tidak pernah melakukan defrag hardisk dalam jangka waktu yang lama (Baca juga Aplikasi untuk Defrag Hardisk). Tujuan dari melakukan defrag ini adalah untuk melakukan perawatan pada hardisk. Namun, hal tersebut justru dapat menjadi boomerang jika Anda melakukan terlalu sering dalam melakukan defrag dalam kurun waktu yang terlalu singkat. Tetapi Anda harus melakukan defrag pada komputer atau laptop Anda. Alangkah baiknya jika Anda melakukannya 2 sampai dengan 3 kali dalam sebulan.

Nah itulah pembahasan mengenai penyebab rusaknya hardisk pada laptop. Sekian dan semoga bermanfaat, baca juga artikel Game Edukasi untuk Anak.

Loading...