Penyebab Komputer Tidak Menyala yang Perlu Diketahui

By Categories : Tekno

Komputer merupakan perangkat elektronik yang sering digunakan oleh manusia untuk menyelesaikan tugas. Tugas-tugas tersebut di antaranya seperti melakukan proses pengetikan, membuat suatu program, akses internet, dan banyak lagi. Namun bagaimana jika komputer tiba-tiba tidak bisa menyala saat digunakan? Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan, oleh sebab itu Anda perlu mengetahui apa saja penyebab komputer tidak menyala.

Permasalahan yang sering menghampiri komputer biasanya seperti tidak mau menyala, layar menjadi hitam, tiba-tiba mati sendiri, dan banyak lagi. Permasalahan tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah kurangnya perawatan yang dilakukan. Pada kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa penyebab komputer tidak mau menyala. Langsung saja, bagi Anda yang penasaran apa saja penyebabnya? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!
Penyebab Komputer Tidak Menyala

Berikut Beberapa Penyebab Komputer Tidak Menyala

Prosesor Mengalami Panas yang Berlebihan

Ketika komputer tidak menyala ini bisa disebabkan oleh prosesor yang mengalami overheat atau panas yang berlebih. Ketika prosesor mengalami panas berlebih ini akan menyebabkan komputer akan mati sendiri, tetapi ketika dihidupkan komputer tidak bisa menyala. Nah untuk mengatasinya Anda harus mengistirahatkan komputer sejenak agar suhu prosesor menurun. Selain itu Anda juga bisa menge-check fan serta heatsink yang terpasang dengan prosesor. Anda perlu memastikan pasta yang ada di antara prosesor dan heatsink tidak kering.

Permasalahan pada RAM (Random Acces Memory)

Penyebab komputer tidak menyala berikutnya adalah pada masalah RAM. Pada umumnya akan terdengar suara beep dua kali dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mengatasinya Anda dapat membongkar CPU komputer dengan mengambil RAM dari socketnya. Setelah itu ambil RAM dan bersihkan ujung RAM dengan menggunakan penghapus. Setelah sudah memasangnya dan mencoba untuk menghidupkan kembali.

Permasalahan pada Power Supply

Penyebab yang berikutnya adalah terjadi kerusakan pada power supply. Power supply merupakan salah satu hardware yang berfungsi untuk memberikan daya arus listrik pada komputer. Ketika power supply terganggu kinerjanya, ini akan mempengaruhi komputer akibatnya adalah komputer tidak mau menyala. Untuk mengatasinya, membongkar CPU dan ambil power supply lama dengan yang lain. Jika dengan power supply lain komputer mau hidup berarti permasalahannya adalah power supply lama mengalami kerusakan dan harus diganti.

Debu yang Menumpuk pada CPU

Debu yang menumpuk pada CPU bisa menjadi penyebab komputer tidak menyala. Ini dikarenakan debu yang menumpuk akan menyebabkan komponen hardware di dalam CPU mengalami cepat panas. Udara di dalam CPU tidak bisa bersirkulasi dengan baik akibat dari debu yang menumpuk. Oleh sebab itu bersihkan CPU secara berkala untuk menghindari debu yang menumpuk.

Demikianlah tadi beberapa ulasan mengenai penyebab komputer tidak menyala yang perlu Anda perhatikan. Baca juga Cara mengatasi komputer blue screen.

Loading...