Penyebab Bootloop di Android dan Cara Mengatasinya

By Categories : Software

Bagi para pengguna Androd mungkin sudah banyak yang mengetahui apa itu bootloop. Bootloop berasal dari kata “boot” yang memiliki arti menghidupkan dan “loop” yang memiliki arti berulang. Jika digabungkan bootloop merupakan proses menghidupkan perangkat yang akan terus berputar-putar di screen tanpa memasuki sistem. Sehingga perangkat yang mengalami bootloop tidak bisa digunakan, mengingat proses booting yang terus menerus.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bootloop di Android. Namun sebelum mengetahui bagaimana saja caranya, alangkah baiknya jika mengetahui apa saja penyebab bootloop di Android. Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Penyebab Bootloop di Android dan Cara Mengatasinya

Berikut Penyebab Bootloop di Android dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bootloop

  • Melakukan Flashing Custom ROM

Penyebab bootloop di Android dapat terjadi ketika pengguna melakukan flashing custom ROM. Ini dikarenakan data yang lama belum terhapus penuh tetapi justru digunakan oleh sistem baru. Selain itu Custom ROM rusak juga turut menjadi penyebab bootloop setelah melakukan instalasi.

  • Penumpukan Cache

Penyebab bootloop berikutnya bisa juga disebabkan karena penumpukan cache. Hal ini akan menyebabkan sistem Android akan terbebani dengan cache (sampah) yang bisa menyebabkan Android lemot dan mati sendiri. Untuk penyebab yang satu ini biasanya pengguna banyak membuka dan menggunakan berbagai aplikasi terus menerus yang mengakibatkan penumpukan cache.

  • Bootloop Tingkat Menengah

Untuk penyebab bootloop bisa juga dikarenakan adanya kesalahan akibat dari proses rooting. Untuk kesalahan yang satu ini terjadi karena pengguna melakukan secara berlebihan seperti modifikasi bootscreen, custom tema, mengotak-atik sistem Android, dan banyak lagi. Untuk bootloop yang satu ini masuk ke dalam bootloop menengah.

  • Melakukan Restore System Backup

Ketika pengguna melakukan restore file pada Android mereka juga bersiko bootloop. Ini dikarenakan sama seperti pada penyebab pertama yakni data lama belum terhapu secara penuh atau sempurna.

Beberapa Cara Mengatasi Bootloop di Android

  • Restart Perangkat

Untuk cara mengatasi yang satu ini cukup mudah yakni dengan cara melakukan restart pada perangkat. Ketika perangkat Android Anda mulai lemot, solusi cukup dengan mematikan dan hidupkan kembali. Jika belum berhasil, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan proses “wipe user data” melalui sistem recovery. Untuk cara masuk ke sistem recovery setiap perangkat biasanya berbeda beda seperti menekan tombol home, ada juga menekan tombol volume down, dll. Jadi pastikan mengetahui tombol untuk masuk ke dalam recovery pada perangkat Android Anda.

  • Menghapus Data

Cara mengatasi bootloop lainnya adalah dengan menghapus data. Jika cara di atas masih tidak mengatasi, Anda dapat menghapus data dengan langkah masuk ke dalam recovery lalu pilih menu “backup dan restore”, setelah itu pilih “backup” kemudian buka menu “mounts and storage”. Pilihlah “wipe/data” lalu memilih “wipe/cache” serta langkah yang terakhir adalah restart perangkat Android.

  • Lakukan Koreksi Permission

Untuk cara mengatasi yang satu ini disebabkan karena salah melakukan permission pada sistem yang dapat berujung pada bootloop. Cara mengatasinya masuk ke dalam Recovery kemudian pilih menu Advanced. Setelah memilih menu Advanced, pilih “Fix Permission” dan restart perangkat Android.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai beberapa penyebab bootloop di Android dan cara mengatasinya.

Loading...