Pengertian Processor, Fungsi dan Bagian-Bagian Penting Dalam Processor

By Categories : Hardware

Sudah banyak yang mengetahui processor merupakan otak dari sebuah komputer, tetapi sebagian pula juga belum mengetahui pengertian dan fungsi dari processor itu sendiri. Nah leh sebab itu pada pembahasan kali ini membahas mengenai pengertian sekaligus fungsi serta bagian-bagian penting di dalamnya. Processor pada dasarnya berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yakni pemrosesan.

Pengertian Processor

Selain itu processor juga sering disebut CPU atau singkatan dari Central Processing Unit. Namun sebagian masyarakat masih salah juga mengenai arti dari CPU yang sering dianggap sebagai casing atau wadah pada setiap komponen pada komputer yang berisikan RAM, Motherboard, dan lain sebagainya. Processor terletak pada sebuah socket yang terdapat pada Motherboard. Oleh karena itu processor menjadi komponen paling penting yang terpasang pada Motherboard.

Nah untuk lebih jelasnya mengenai pengertian processor beserta fungsi dan bagian-bagian di dalamnya, silahkan ikuti pada pembahasannya di bawah ini!

Berikut Pengertian Processor beserta Fungsi dan Bagian-Bagian Penting

Pengertian Processor

Menurut Ahli Ajen Dianawati, processor merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki kemampuan dalam memproses berbagai data pada komputer. Data-data tersebut biasanya berupa tulisan, gambar, dan angka. Sementara secara umum processor merupakan chip yang sekaligus menjadi otak pada sebuah komputer serta menjadi salah satu bagian terpenting dalam PC (personal Computer) sebagai pengendali sekaligus pelaksana atas perintah berupa kode.

Fungsi Processor secara Umum

Processor yang berukuran kecil memiliki banyak fungsi dimana secara umum yakni untuk memproses berbagai data yang telah diterima dari input, yang kemudian diteruskan menjadi output atau keluaran. Saat ini processor memiliki frekuensi GHz yang berbeda-beda. Semakin cepat frekuensi yang dimiliki maka semakin bagus dalam menjalankan knerjanya. Selain itu banyaknya core atau inti juga mempengaruhi kinerja. Semakin banyak core maka memiliki performa yang lebih handal.

Bagian-Bagian Processor

Aritcmatics Logical Unit (ALU) bagian ini memiliki fungsi guna membantu Aritcmatics Logical Unit (ALU) dalam mengerjakan berbagai tugas sesuai berdasarkan instruksi program diantaranya seperti perhitungan aritmatika yang berisi tentang pengurangan, perkalian, dan lainnya, pelaksanaan perbandingan serta pelaksanaan logis yang berisi tentang AND, OR, dan NOT.

Control Unit (CU)

Control Unit (CU) merupakan bagian berikutnya yang terdapat pada processor. Bagian ini berfungsi untuk mengatur segala lalu lintas data seperti masukan atau input dan keluaran atau output. Bagian ini yang memberitahukan untit masukan seperti waktu pemasukan, jenis data, serta tempat penyimpanan. Dengan adanya unit ini maka berbagai proses seperti perhitungan serta eksekusi data dapat berjalan teratur.

Register Unit (RU)
Bagian penting berikutnya adalah Register Unit (RU) yang berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil, tetapi mempunyai akses yang lebih tinggi dibanding dengan memori utama. Register Unit (RU) terdiri dari 2 bagian yakni Register CPU, dan Register Instruksi. Register Instruksi berguna untuk melakukan eksekusi data, sedangkan untuk Register CPU berisi mengenai sekumpulan register dari A, B, C,D, E, F, HL, serta SP guna simulasi data.

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pengertian processor, fungsi dan bagian-bagian penting dalam processor. Baca juga tentang Kelebihan dan Kelemahan AMD.

Loading...