Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Kabel Jaringan STP

By Categories : Software

Setelah pembahasan sebelumnya membahas mengenai perbedaan kabel UTP dan kabel STP, pada pembahasan kali ini membahas mengenai pengertian serta kelebihan dan kekurangan kabel jaringan STP. Kabel jaringan STP merupakan salah satu jenis kabel yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer. Kabel jaringan ini memiliki stuktur bahan yang lebih kuat dengan terdapat pelindung pada bagian dalam.

Kabel Jaringan STP

Oleh sebab itu kabel STP ini lebih cocok jika digunakan untuk outdoor mengingat stuktur kabel yang lebih kuat. Nah dengan segala kelebihan yang dimiliki, kabel jenis ini juga memiliki kekurangan tersendiri di dalamnya. Nah untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pembahasan di bawah ini!

Berikut Pengertian dan Kelebihan Kekurangan Kabel Jaringan STP

Pengertian Kabel STP

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan kabel STP alangkah baiknya jika mengetahui apa itu kabel STP. Kabel STP merupakan singkatan dari Shielded Twisted Pair yang dimana merupakan salah satu kabel untuk membangun sebuah jaringan berjenis Twisted Pair yang bisa dijadikan alternatif penggunaan jika kabel UTP belum bisa memenuhi kebutuhan penggunannya.

Seperti penjelasan di atas bahwa kabel STP ini dilindungi oleh aluminium foil yang terdapat pada setiap dawai kabel pasangan di dalamnya guna melindungi dari gangguan frekuensi gelombang elektromagnetik. Kabel STP ini mempunyai peran dalam perpindahan arus data dalam jaringan komputer.

Kelebihan Kabel STP

  • Kabel STP dilindungi dengan aluminium foil yang memberikan kekuatan dan ketahanan yang baik dari segala gangguan frekuensi gelombang elektromagnetik. Aluminium foil terdapat pada setiap dawai pasangan kabel.
  • Kelebihan kabel STP berikutnya adalah memiliki perlindungan yang kuat sehingga dapat mengantisipasi terjadi tekukan yang dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam kabel.
  • Memiliki kemampuan dalam proses transfer data yang cukup cepat meskipun masih kalah dengan jenis kabel fiber optic yang didukung dengan teknologi canggih pada proses pembuatanya termasuk menggunakan bahan serat kaca.

Kekurangan Kabel STP

  • Kabel STP (Shielded Twisted Pair) memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kabel UTP yang memiliki harga lebih terjangkau. Hal ini terkadang membuat sebagian orang memilih kabel UTP karena masalah harga.
  • Proses instalasi kabel STP yang cenderung lebih rumit dibandingkan dengan kabel UTP. Hal ini terletak ketika melakukan cramping saat akan memasang kabel konektor RJ-11. Ini dikarenakan kabel ini cukup tebal dan keras berkat pelindung di dalamnya.
  • Jarak jangkauan yang hanya terbatas yakni sekitar 100 meter kalah dibanding dengan kabel jaringan Coaxial yang dapat mencapai 500 meter. Untuk menambah daya jarak maka membutuhkan repeater.
  • Material bahan yang digunakan kabel STP cenderung tebal, sehingga sedikit kaku dan kurang fleksibel meski kabel ini memiliki ketahanan yang lebih baik

Demikianlah tadi pembahasan mengenai pengertian dan kelebihan kekurangan kabel jaringan STP yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel mengenai Teknologi fiber optik beserta kelebihan dan kekurangannya.

Loading...