Pengertian dan Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

By Categories : Internet

Pada pembahasan kali ini membahas mengenai jenis-jenis kabel jaringan komputer. Seperti yang kita ketahui dalam membangun sebuah jaringan komputer membutuhkan kabel khusus dimana dibagi menjadi beberapa jenis kabel jaringan komputer. Nah untuk mengetahui lebih rinci lagi mengenai apa saja jenis-jenis kabel jaringan komputer yang digunakan sebagai media transmisi dalam membangun sebuah jaringan komputer? Silahkan ketahui pada pembahasannya di bawah ini!

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Berikut Pengertian dan Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Pengertian Kabel Jaringan Komputer

Kabel jaringan merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peranan penting dalam membangun sebuah jaringan komputer. Terdapat beberapa jenis kabel jaringan dengan fungsi yang sama namun memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Di dalam perannya, kabel jaringan berguna sebagai media trasmisi terarah pada sebuah jaringan komputer

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

  • Kabel Coaxial
    Kabel Coaxial Merupakan slaah satu jenis kabel jaringan komputer dengan kawat tembaga sebagai intinya. Ini tersebut dilapisi dengan isolator yang dikelilingi dengan konduktor luar. Untuk pembungkus kabel Coaxial menggunakan bahan sejenis PVC yang merupakan lapisan isolator paling luar. Secara umum kabel jenis ini digunakan untuk keperluan dalam membangun jaringan komputer untuk topologi ring dan topologi bus. Seiring dengan berkembangnya jaman kabel ini kalah tenar dengan jenis Twisted Pair.
  • Kabel Twisted Pair (Kabel UTP, FTP, dan STP)
    Kabel Twister Pair terdiri dari 3 jenis kabel yakni kabel jenis UTP, kabel jeins FTP, dan kabel jenis STP. Pada dasarnya ketiga jenis kabel tersebut memiliki fungsi yang sama dalam membangun jaringan komputer. Namun yang membedakan adalah setiap jenis kabel memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.
    Untuk jenis kabel UTP (Unshielded) tidak memiliki lapisan pelindung seperti aluminium foil pada bagian dalamnya, sehingga sangat rentan terhadap kerusakan serta radiasi medan magnet. Sementara jenis kabel jenis FTP dan STP sama-sama dibekali dengan pelindung, sehingga mempunyai kemampuan tahan terhadap segala cuaca serta interferensi gelombang elektromagnetik. Ketiganya digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
    Ada yang suka dengan kabel UTP karena harganya yang cukup terjangkau serta proses instalasi yang lebih mudah, dan ada pula yang menggunakan jenis kabel STP dan FTP karena memiliki ketahanan yang lebih meskipun memiliki harga yang lebih mahal.
  • Kabel Fiber Optik
    Kabel jenis yang ketiga adalah kabel fiber optik. Untuk kabel jenis ini dapat dikatakan bahwa dalam pembuatan menggunakan teknologi canggih dengan berbahan dari serat kaca. Kabel ini lebih canggih dibandingkan jenis kabel di atas. Bagi perusahaan atau instansi yang membutuhkan kecepatan lebih dapat menggunakan jenis kabel fiber optik. Ini dikarenakan jenis kabel ini lebih cepat dibanding jenis kabel lainnya. Kabel fiber optik tidak hanya dapat digunakan untuk antar gedung, di dalam tanah, tetapi juga bisa digunakan di dalam laut sekalipun guna menghubungkan kota lain. Untuk proses instalasi kabel fiber optik membutuhkan tenaga ahli khusus.

Nah itulah tadi pengertian dan jenis-jenis kabel jaringan komputer yang dapat Anda ketahui. Baca juga artikel tentang Perbedaan kabel UTP dan STP.

Loading...