Penemuan Teknologi Orang Indonesia yang Mendunia

By Categories : Tekno

Teknologi memang berkembang terus dari jaman ke jaman, hal ini terus di kembangkan oleh manusia untuk menemukan sesuatu yang baru. Banyak negara maju yang sudah mengembangkan teknologi maju dalam berbagai aspek seperti teknologi senjata dalam bidang militer, teknologi dalam bidang kesehatan, dan berbagai teknologi canggih lainnya.

Tidak mau kalah dengan negara maju di dunia ini, Indonesia juga turut mengembangkan berbagai teknologi canggih salah satunya dengan menemukan teknologi baru. Nah untuk anda yang belum mengetahui apa saja penemuan teknologi orang Indonesia yang mendunia, langsung saja di bawah ini adalah ulasan yang di rangkum dari berbagai sumber.

penemuan teknologi orang Indonesia

Daftar, Penemuan Teknologi Orang Indonesia yang Mendunia

Sistem Telekomunikasi 4G berbasis OFDM

Informasi memang diperlukan oleh manusia untuk memperoleh sesuatu, dan komunikasi sangat bisa di lakukan oleh manusia dari tempat yang sangat jauh. Hal ini ditunjang dengan adanya jaringan telekomunikasi. Pada tahun 2010 seorang imuwan ITB, bernama Khoirul Anwar bersama temannya telah menciptakan sistem telekomunikasi 4G dengan basis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Sistem telekomunikasi tersebut masuk ke dalam daftar penemuan teknologi orang Indonesia.

Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam digunakan untuk menunjang bangunan agar tetap kuat dan kokoh. Asal anda tahu, pondasi cakar ayam ini di temukan oleh Prof Sedijatmo saat beliau masih menjabat di PLN pada tahun 1961. Pondasi yang diciptakan oleh beliau dapat mengurangi tekanan di permukaan tanah sampai dengan 75% dibandingkan pondasi biasa. Kemudian teknologi pondasi ini digunakan dalam membangun Bandara Juanda Surabaya, landasan tersebut kuat dengan mampu menahan beban sampai dengan 2000 ton. Teknologi yang sudah di patenkan ini kemudian digunakan oleh negara maju seperti Belanda, Jerman, AS, Inggris, Perancis, dll. Baca Juga Aplikasi Kompres Foto Terbaik

Teori 23 Kromosom

Pada tahun 1955 seorang ahli Cytogenetcis asal Indonesia yaitu Dr. Jow Hin Tjio telah menemukan fakta mengenai jumlah kromosom pada manusia yaitu 23 buah. Dengan adanya penemuan ini berhasil mematahkan keyakinan para ahli genetika dunia bahwa jumlah kromosom manusia adalah 24 buah. Dr. Jow Hin Tjio berhasil menghitung jumlah kromosom pada manusia dengan tepat, ia telah menyempurnakan teknik pemisahan kromosom dengan menggunakan media preparat gelas yang dikembangkan oleh Dr. T.C. Hsu di Texas University, Amerika Serikat.

Persamaan Matematika Helmholtz

Pada tahun 2005 kembali lagi penemuan teknologi orang Indonesia yang sampai mendunia di temukan. Kali ini persamaan matematika yang telah berhasil dipecahkan oleh Yogi Ahmad Erlangga seorang dosen ITB berasal dari Tasikmalaya. Kala itu ketika Yogi menemukan persamaan matematika ini, dirinya masih menempuh pendidikan dalam program Ph.D di Delft University of Technology, di Belanda. Dengan adanya penemuan persamaan matematika ini maka perusahaan minyak di dunia dapat lebih cepat dalam menemukan sumber minyak yang ada di perut bumi. Selain itu rumus ini dapat di aplikasikan juga pada kapal selam, penerbangan, sistem radar, dll.

Nah itulah penemuan teknologi orang Indonesia yang berhasil mendunia, masih banyak lagi penemuan lainnya yang di temukan oleh orang Indonesia seperti Kromatografi Tercepat, Tahun 1998 oleh Prof. Dr. Rahmiana Zein, dan penemuan lainnya, sekian dan semoga bermanfaat. Baca Juga Artikel Robot Tercanggih dengan Teknologi Modern

Loading...