Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

By Categories : Tekno

Untuk mendapatkan sebuah energi listrik, setiap negara memiliki beberapa pembangkit listrik tersendiri. Ada beberapa sumber energi listrik yang ada seperti PLTA, PLTU, PLTS, PLTSa, PLTN, dan lain-lain. Di indonesia sendiri pembangkit listrik yang paling banyak digunakan adalah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), hal ini dikarenakan Indonesia memiliki banyak bendungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga. Namun ada juga pembangkit listrik yang bersumber dari tenaga air dengan skala kecil, yaitu mikrohidro.

Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) merupakan salah satu pembangkit listrik yang dihasilkan dengan menggunakan generator listrik AC atau DC. Untuk Mikrohidro berasal dari kata micro yang memiliki arti kecil, sedangkan hydro yang dapat diartikan air, jadi Mikrohidro dapat diartikan sebagai pembangkit listrik dengan daya kecil melalui perantara tenaga air.

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Tenaga air yang diperoleh biasanya berasal dari sungai atau danau dengan memiliki aliran yang telah dibendung pada ketinggian tertentu, selain itu sungai atau danau memiliki debit air yang berguna untuk menggerakkan turbin yang sebelumya telah dihubungkan dengan menggunakan genset atau generator listrik. Generator yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro dirancang sedemikian rupa untuk berbagai alasan seperti faktor keselamatan, mudah untuk dioperasikan, mudah untuk dipelihara dan dirawat. Jika tidak digunakan secara baik justru dapat berbahaya bagi keselamatan penggunanya.

Seperti pada penjelasan di atas, bahwa pembangkit listrik tenaga mikrohidro memiliki prinsip kerja berasal dari aliran debet air dari ketinggian entah itu sungai, danau, maupun air terjun sekaligus. Aliran air tersebut membuat poros pada turbin berputar, sehingga akan menghasilkan energi gerak atau energi kinetik. Setelah menghasilkan energi gerak maka tahap berikutnya untuk menggerakkan generator yang kemudian barulah diubah menjadi energi listrik.

Instalasi pembangkit listrik tenaga mikrohidro biasanya sering diaplikasikan pada desa-desa yang jauh dari perkotaan yang memiliki sumber tenaga air yang berlimpah seperti waduk, bendungan, air terjun yang memiliki arus deras, sungai dan juga danau.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro

  • Untuk proses instalasi sendiri dibutuhkan media seperti turbin yang berguna untuk menerima energi dari arus air yang diubah menjadi energi kinetik.
  • Generator yang berguna sebagai pembangkit listrik dengan mengubah energi kinetik atau energi gerak menjadi energi listrik (membutuhkan survey untuk menghasilkan energi listrik dalam memilih generator).
  • Penghubung Turbin berguna sebagai penghubung dengan generator, sehingga energi kinetik yang dihasilkan oleh turbin dapat tersalurkan pada generator yang kemudian mengubahnya menjadi energi listrik. Penghubung turbin memiliki komponen seperti sabuk atau puli yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan rpm motor pada generator, Roda gerigi memiliki fungsi yang sama dengan puli, serta penghubung langsung untuk poros turbin dan generator.

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia seperti ramah terhadap lingkungan, menghemat sumber energi bumi yang semakin menipis, serta tidak menimbulkan kerusakan terhadap alam mengingat fungsinya hanya memanfaatkan derasnya aliran sungai.

Loading...