Negara yang memiliki Nuklir Terbesar

By Categories : Tekno

Jika pada artikel lainnya sudah membicarakan mengenai Manfaat Teknologi Nuklir dalam Berbagai Bidang, namun kali ini sedikit berbeda dengan membahas negara yang memiliki nuklir terbesar. Teknologi senjata nuklir selain untuk PLTN (Pembangit Listrik Tenaga Nuklir) juga di gunakan untuk sistem pertahanan suatu negara.

bom nuklir

Sejak Amerika Serikat menjatuhkan kedua bom nuklir di Jepang yaitu di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945, jumlah hulu ledak nuklir di dunia meningkat dengan negara yang sudah mempunyai nuklir. Senjata pemusnah masal ini memang di larang oleh PBB. Tetapi masih ada negara yang memproduksinya dengan alasan untuk mengembangkan teknologi dan pertahanan. Di dunia ini terdapat negara yang mempunyai kekuatan senjata nuklir paling besar, berikut di antaranya

Daftar Negara yang Memiliki Nuklir Terbesar

Amerika Serikat

Amerika

Amerika Serikat adalah negara pertama di dunia yang telah mengembangkan senjata nuklir. Pengembangannya ini dilakukan pada perang dunia ke II dengan bekerja sama Inggris dan Kanada dalam proyek Manhattan yang juga bersaing dengan Nazi Jerman. Amerika Serikat menjatuhkan dan menguji coba nuklir pertama kali pada tahun 1945 dalam uji coba “Trinity”. Setelah itu Amerika kembali menjatuhkan dua bom atom untuk mengalahkan Jepang. Saat ini negara Adidaya tersebut memiliki hulu ledak nuklir aktif sebanyak 2.150 buah yang siap di gunakan kapan saja.

Rusia

Rusia

Negara yang memiliki nuklir terbesar selanjutnya adalah Rusia. Rusia memang menjadi ancaman bagi Eropa serta Amerika. Rusia sendiri pertama kali melakukan uji coba senjata nuklir pada tahun 1949 dengan menggunakan bom atom “RDS-1”. Rusia terus melakukan pengembangan nuklir guna untuk mengimbangi negara Eropa dan Amerika Serikat selama perang dingin. Sebelum Uni Soviet runtuh, Rusia memiliki hulu ledak nuklir sebanyak 45.000 buah. Untuk saat ini Rusia mempunyai 8.500 hulu ledak dan sedangkan yang aktif sebanyak 1.740 buah.

Inggris

Inggris

Inggris pertama kali meledakkan bom nuklirnya pada tahun 1952 dengan uji coba yang bernama “Hurricane”. Proyek ini juga bekerja sama dengan Amerika Serikat. Tujuan dari Inggris ini adalah mengembangkan teknologi nuklir sebagai senjata pencegahan terhadap Rusia. Untuk saat ini inggris mempunyai 160 hulu ledak nuklir yang aktif.

China

China

China menjadi negara yang memiliki nuklir terbesar di dunia selanjutnya. Tak mau kalah dengan negara maju seperi Rusia, Inggris, Amerika, dll. Cina juga mempunyai teknologi nuklir. Uji coba yang dilakukan China pertama kali pada tahun 1964 dalam operasi yang bernama “596”. Seperti halnya Rusia dan Amerika serta negara lain, China juga menandatangani perjanjian NPT. Untuk saat ini Negeri Tiongkok tersebut mempunyai hulu ledak nuklir sebanyak 250 buah sedangkan yang aktif tidak di ketahui.

Perancis

Perancis

Pada tahun 1968, Perancis melakukan uji coba dengan menjatuhkan bom hydrogen pertamanya dalam operasi “Canopus”. Dalam uji coba tersebut Perancis banyak di kecam dari berbagai negara sebelum akhirnya meminta maaf. Pengembangan nuklir Perancis bermaksud untuk mempertahankan status sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer kuat di dunia seperti halnya Amerika, Rusia, Inggris, Cina, dll. Saat ini Perancis mempunyai 290 hulu ledak nuklir aktif yang siap kapanpun digunakan.

Nah itulah daftar mengenai negara yang memiliki nuklir terbesar. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda. Baca Juga Artikel lainnya seperti Tips Menempatkan Website Halaman Pertama pada Google.

Loading...