Mengenal Lebih Dekat Sistem Navigasi Kapal Laut

By Categories : Tekno

Sistem navigasi kapal laut yang ada telah diatur dalam Global Maritime Distress adan Safety Sistem (GMDSS). GMDSS tersebut merupakan suatu perjanjian internasional yang di dalamnya mengatur tentang prosedur komunikasi, prosedur keselamat, serta jenis-jenis peralatan yang ada dalam kapal laut. Maksud dari perjanjian tersebut ialah agar dapat meningkatkan keselamatan dan juga menjadikan prosedur yang ada mudah diterapkan agar terhindar dari marabahaya. Sistem komunikasi yang ada pada GMDSS memang telah dirancang secara khusus untuk menjamin keperluan penanganan isyarat keselamatan maupun marabahaya yang ada di laut dan ini berlaku untuk seluruh dunia. Tentu saja sistem ini memiliki kemampuan lain yakni mengirimkan serta menerima sinyal-sinyal bahaya yang dikirimkan oleh kapal lain, dengan begitu kapal yang terkena musibah tersebut dapat langsung mendapatkan pertolongan secepat mungkin. Sistem ini juga dapat digunakan untuk memperlajari rute aman yang akan dilalui dengan cepat dan aman.

Sistem Navigasi Kapal Laut

Beberapa sistem yang tergabung dalam GMDSS tersebut telah lama dioperasikan dengan fungsi-fungsi yang beraneka ragam seperti general radio communication yang bertujuan untuk alat komunikasi kapal melalui jaringan radio yang ada di darat dan berkaitan dengan keselamatan. Sistem navigasi kapal laut lainnya seperti alerting berguna untuk memberikan pemberitahuan adanya suatu bencana atau bahaya yang mengancam serta untuk mengkoordinasikan suatu pertolongan antar kapal. Alat – alat navigasi yang biasanya digunakan dalam kapal laut seperti radar (radio detection and ranging), GPS (global positioning system), RDF (radio direction finder), enchosounder, AIS (automatic Identification system), dan masih banyak lainnya. Alat navigasi tersebut harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh GMDSS karena untuk menjamin keselamatan para ABK yang ada dalam kapal laut. Baca juga Kapal induk tercanggih.

Sistem komunikasi GMDSS ini terbagi menjadi dua yakni sistem komunikasi satelit serta sistem komunikasi darat yang dibuat dengan tujuan untuk mengkoordinasikan sinyal bahaya antar kapal di laut lepas. Komunikasi yang dilakukan bisa dalam jarak jangkau pendek, sedang, maupun jauh dengan menggunakan jalur frekuensi tertentu yakni VHF (very high), dan MF (medium), serta HF (high) frequency. Fungsi utama sistem navigasi di laut ialah untuk menentukan haluan sehingga dapat diketahui jarak kapal laut dari asal menuju tempat tujuan. Penjelasan tentang sistem navigasi kapal laut secara singkat tersebut dapat menggambarkan rumitnya sistem yang ada di kapal laut. Untuk itu, seorang yang mengemudikan kapal laut maupun ABK harus paham tentang GMDSS serta sistem navigasi yang digunakan oleh kapal laut yang dikemudikannya dengan tujuan untuk mencegah segala hal buruk yang tidak diinginkan. Untuk itu, perlu pengenalan lebih dalam tentang alat-alat navigasi kapal laut tersebut untuk mengetahui hal dasar mengenai alat navigasi yang digunakan semua kapal laut.

Baca juga artikel menarik lainnya Kapal pesiar terbesar di dunia.

Loading...