Mengenal Keunggulan Chipset Snapdragon

By Categories : Hardware

Bagi pemilik smartphone android tentunya sudah tidak asing dengan chipset atau prosesor besutan dari Qualcomm yaitu Snapdragon. Chipset Snapdragon ini memang sering digunakan pada banyak smartphone android mulai dari kelas low end hingga smartphone android high end. Selain itu sejumlah vendor smartphone android ternama juga banyak yang menggunakan chipset yang dikenal cukup handal ini. Bukan tanpa alasan mengapa sebagian besar smartphone android menggunakan chipset Snapragon sebagai ‘otaknya’ dan berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai keunggulan chipset Snapdragon dibandingkan chipset lainnya. Seperti yang kita ketahui chipset yang sering digunakan pada smartphone android antara lain Snapdragon, Mediatek dan prosesor besutan Intel. Dari masing-masing chipset tersebut memiliki sejumlah kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

keunggulan-chipset-snapdragon

Keunggulan chipset Snapdragon dibandingkan chipset lainnya yang pertama adalah konsumsi daya yang lebih rendah. Meskipun smartphone android menawarkan banyak sekali fitur-fitur yang canggih tetapi untuk penggunaan dayanya dikenal cukup boros. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan smartphone android menjadi boros baterai mulai dari ukuran dan kontras layar, kapasitas baterai, penggunaan oleh user dan jenis chipset yang digunakan. Chipset Snapdragon ini memiliki kelebihan pada konsumsi dayanya yang tidak terlalu besar sehingga membuat smartphone android tidak cepat low-batt.

Kemudian keunggulan yang kedua adalah performanya yang baik dan lebih stabil. Beberapa hasil tes menunjukkan smartphone android yang dibekali chipset Snapdragon memiliki performa yang lebih baik dan juga lebih stabil dibandingkan penggunaan chipset lainnya. Karena itu saat membuka suatu aplikasi ataupun bermain game bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya kendala yang terlalu berarti seperti mengalami force close. Keunggulan ketika dari chipset Snapdragon adalah mendukung tampilan HD.

Sebagian besar pengguna smartphone android memang senang menonton video secara langsung atau melalui streaming You Tube dengan kualitas HD. Karena itu pilihlah smartphone android yang menggunakan chipset Snapdragon agar bisa menonton video-video HD sebab chipset ini mampu merender lebih banyak pixel ditambah lagi tidak terlalu banyak menguras daya baterai.  Selanjutnya keunggulan dari chipset Snapdragon yang keempat yaitu terletak pada fitur GPS.

Smartphone android dengan chipset Snapdragon dikenal memiliki keunggulan dalam fitur GPS yaitu lebih cepat dalam meng-lock lokasi. Sebaliknya ada juga chipset pada smartphone android yang memiliki kendala dalam fitur GPS seperti membutuhkan waktu yang lumayan lama ketika meng-lock lokasi jadi bagi yang memiliki hobi travelling dan sering menggunakan fitur GPS disarankan memilih smartphone android yang memakai chipset Snapdragon. Keunggulan chipset Snapdragon yang terakhir terletak dari hasil bidikan kameranya yang dikenal sangat bagus. Untuk contohnya bisa melihat hasil bidikan kamera dari HTC One X yang menggunakan chipset Snapdragon.

Loading...