Mengenal GPU pada Tablet dan Smartphone

By Categories : Software

GPU atau disebut dengan Graphics Processing Unit merupakan salah stau komponen penting dalam smartphone maupun tablet yang berfungs untuk mendukung kinerja grafis melalui perangkat tersebut. Pada dasarnya prinsip kerja GPU sama dengan prinsip kerja pada VGA di PC atau komputer. GPU pada tablet maupun pada smartphone sangat berperan penting untuk kebutuhan bermain game maupun untuk menonton video dengan kualitas HD sekalipun.

Mengenal GPU pada Tablet dan Smartphone

Semakin bagus GPU yang dimiliki maka semakin bagus juga kemampuan smartphone maupun tablet dalam memainkan game bahkan dapat memainkan game 3D sekaligus. Setiap vendor biasanya menggunakan GPU yang berbeda dengan yang lain. Hal ini biasanya dipadukan dengan prosesor yang digunakan. Di dunia ini terdapat banyak perusahaan yang memproduksi GPU untuk sebuah smartphone maupun tablet.

Nah bagi Anda yang suka dengan bermain game-game pada perangkat elektronik tersebut, di bawah ini terdapat beberapa jenis GPU yang terpasang pada smartphone maupun pada tablet yang sebaiknya Anda ketahui.

Berikut Jenis GPU pada Tablet dan Smartphone

  • GPU Adreno dengan Menggunakan Prosesor Qualcomm

Sebagai pengguna smartphone maupun tablet tentu Anda pernah mendengar GPU Adreno, atau bahkan smartphone Anda menggunakan GPU tersebut. Seri Adreno ini dibuat oleh ATI yang saat ini merupakan anak perusahaan dari AMD yang terkenal sebagai perusahaan yang memproduksi prosesor dan VGA pada komputer. Pada tahun 2008 lalu, AMD imageon dijual kepada salah satu produsen terkenal yakni Quallcom. Quallcomm sendiri sudah terkenal pada kalangan pengguna gadget saat ini. Sementara ATI atau AMD saat ini hanya memberikan dukungan arsitektur serta pengembangan. Dan sekarang ini semua seri Adreno bawaan dari System In Chip buatan dari Quallcomm.

  • PowerVR

GPU berikutnya adalah PowerVR yang merupakan produksi oleh video logic. Dulunya sempat meramaikan pasaran VGA untuk PC. Tetapi dengan dominasi yang dikuasai oleh Nvidia dan ATI menjadikan video logic hanya fokus pada GPU untuk mobile. Sampai saat ini PowerVR sudah memiliki 6 seri. Untuk seri yang palin sering terdapat pada smartphone maupun tablet adalah PowerVR SGX 5, meskipun terdapat seri lain yang juga digunakan beberapa vendor di dunia.

  • Mali

Untuk berikutnya adalah seri Mali, untuk GPU ini adalah bagian arsitektur dari ARM yang memiliki kualitas yang bisa diandalkan. Selain terdapat pada smartphone, GPU mali juga hadir untuk game konsol seperti pada PS3. Untuk sebuah smartphone seri GPU Mali yang digunakan adalah Mali 400MP4 yang kemampuannya dapat diandalkan sebagai pengolahan grafis.

  • Nvidia Tegra

Berikutnya adalah Nvidia Tegra yang merupakan perusahaan yang juga berfokus pada VGA untuk komputer. Kualitas yang dimiliki Nvidia sudah tidak diragukan lagi, mengingat kualitas yang dimiliki. Untuk kelas high end yang digunakan Nvidia untuk tablet adalah Nvidia Tegra 3 yang tentunya memiliki kualitas tinggi yang mampu memainkan game dengan graphic tinggi.

Nah itulah tadi ulasan mengenai beberapa GPU pada tablet dan smarphone. Pada dasarnya seri GPU digolongkan menjadi kelas low end, mid-end, sampai dengan high-end.

Baca juga artikel mengenai Perbedaan grafis Nvidia dan ATI Radeon.

Loading...