Mengenal Bahasa Pemrograman PHP

By Categories : Software

PHP salah satu dari macam-macam bahasa pemrograman yang hingga saat ini paling sering dipakai. PHP pada umumnya digunakan untuk memrogram situs web dinamis, walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. Contoh paling populer dari aplikasi PHP adalah phpBB dan MediaWiki. PHP juga dapat dijadikan pilihan lain dari ASP.NET/C#?VB.NET Microsoft, JSP/ Java Sun Microsystem, ColdFusion Macromedia, dan CGI/Perl. Sedangkan contoh aplikasi lain yang kompleks adalah Joomla!, Mambo, Zaraya, Postnuke, dan lain-lain.

Bahasa Pemrograman PHP

Sejarah PHP

PHP pertama kali ditemukan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf. Saat iru PHP masih bernama Form Interpreted (FI) yang memiliki wujud berupa sekumpulan script untuk mengolah data form dari web. Kemudian Rasus merilis kode sumber tersebut untuk umum dengan nama PHP/FI atau Hipertext Preprocessing/Form Interpreter. Dengan kode tersebut, banyak programeer yang ikut mengembangkan PHP karena bersifat open source.

Pada tahun 1997 muncul verseri terbaru, yakni PHP/FI 2.0. Dan saat itu pula interpreter PHP sudah diimplementasikan menggunakan pemrograman C. Selain itu terdapat pula modul-modul ekstansi untuk meningkatkan kemampuan bahasa pemrograman PHP secara signifikan. Selanjutnya tetap di tahun yang sama, perusahaan bernama Zend menulis ulang mengenai interpreter PHP yang menjadi lebih baik dan lebih cepat. Dan pada Juni 1998 perusahaan tersebut resmi merilis versi PHP 3.0.

Setelah itu pada 1999, Aend kembali merilis PHP 4.0. pemrogaram PHP 4.0 menjadi versi yang paling sering dipakai pada awal abad ke-21. Hal ini karena versi 4.0 mampu membangun aplikasi web kompleks dan memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Lima tahun kemudian, tepatya pada Juni 2004 perusahaan Zend kembali merilis bersi PHP 5.0. dalam bahasa pemrograman PHP versi ini interpreter PHP mengalami perubahan yang signifikan. Versi 5.0 juga memasukan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP. Hal ini untuk menjawab perkembangan pada pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Kelebihan bahasa pemrograman PHP

  1. Pemrograman PHP merupakan sebuah bahasa script yang tidak dapat melakukan kompilasi dalam penggunanya.
  2. Web Server yang mendukung bahasa pemrograman ini dapat ditemukan dengan mudah mulai dari IIS hingga apache dan dengan konfigurasi yang cukup mudah.
  3. Dilihat dari sisi pengembangan jauh lebih mudah karena hingga saat ini banyak developer yang siap mambantu dalam pengembangan.
  4. Dari sisi pemahaman, bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu bahasa scripting yang paling mudah karena banyak referensi yang bisa Anda gunakan.
  5. Php merupakan bahasan open source yang dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, Unix, dan lainnya. Serta dapat dijalankan secara runtime dengan console dapat menjalankan perintah system.
Loading...