Memaksimalkan Android tanpa Root

By Categories : Software

Proses root yang disebut dengan pembebasan akses sistem operasi pada perangkat Android membuat sebagian orang melakukannya untuk memaksimalkan performa dan juga potensi pada sebuah smartphone. Tetapi tidak semua pengguna memahami apa itu root dan mereka tidak menginginkannya karena berbagai alasan yang ada.

Terdapat beberapa kelemahan pada rooting yaitu diantaranya smartphone tersebut dapat mati total, rawan terhadap virus, sampai dengan hilangnya proses garansi yang dapat merugikan penggunanya. Nah bagi Anda para pengguna smartphone khususnya sistem operasi Android, berikut ini terdapat beberapa tips untuk memaksimalkan Android tanpa root dan juga meningkatkan performa. Walaupun belum bisa setara dengan rooting, namun trik ini patut untuk dicoba.

memaksimalkan android tanpa root

Memaksimalkan Android tanpa Root

Selalu Update OS Android

Selalu update OS Android menjadi langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa dan juga mengoptimalkannya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan cara update OS secara online. Hal ini untuk menghindari hilangnya garansi ketika melakukan update, ketimbang melakukan update dengan cara offline. Update OS secara online ini bertujuan untuk memberikan pembaharuan yang dapat membuat perangkat lebih stabil. Baca juga Tips Menempatkan Website Halaman Pertama pada Google

Restart Smarphone secara Berkala

Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara menghidupkan ulang atau restart. Lakukan langkah tersebut agar membuat cache atau data dari aplikasi yang digunakan akan terhapus. Aplikasi yang dihidupkan lagi akan terasa lebih cepat dan tidak mudah hang. Namun tidak lupa untuk membersihkan sisa sampah dengan menggunakan aplikasi pembersih di Android.

Jangan Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Ketika Anda sudah membeli smartphone, sebaiknya Anda melihat batas dari smartphone tersebut. Pasalnya setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda dan beragam, misal saja ada yang memiliki RAM 1GB, adapula RAM 2GB begitu pula hardware lainnya. Dengan begitu Anda dapat mengetahui berapa jumlah aplikasi yang akan Anda install ke dalam smartphone Anda. Jika smartphone Anda memiliki spesifikasi standart, alangkah baiknya jika menginstal aplikasi yang perlu saja.

Update Aplikasi

Ketika terdapat pemberitahuan update aplikasi, sebaiknya Anda langsung memperbaruinya. Biasanya para developer Android di Google Play Store akan memberitahukan pembaruan sistem jika tersedia. Meskipun notifikasi update sedikit menjengkelkan, namun sebaiknya Anda jangan menghiraukan pemberitahuan itu. Dengan rutin mengupdate aplikasi dapat mengatasi kesalahan pada sistem di aplikasi tersebut. Selain itu terdapat juga fitur baru yang diberikan pada aplikasi yang telah di-update.

Menonaktifkan Aplikasi

Menghapus aplikasi yang jarang dipakai merupakan cara terbaik untuk meningkatkan performa pada smartphone. Nah bagi Anda yang belum rela sepenuhnya jika menghapus aplikasi tersebut, sebaiknya langkah yang dilakukan adalah dengan menonaktifkan sementara aplikasi tersebut. Langkah ini menjadi opsi terakhir ketika Anda belum rela untuk menghapusnya secara permanen, dengan cara disable akan tidak terlalu membebani perangkat smartphone.

Itulah tadi pembahasan seputar memaksimalkan Android tanpa root, baca juga artikel terkait lainnya Cara Mempercepat Kinerja Laptop

Loading...