Manfaat Teknologi Nuklir dalam Berbagai Bidang

By Categories : Tekno

Teknologi sudah berkembang sangat pesat dan cepat dalam berbagai bidang. Salah satu teknologi yang sangat berguna untuk manusia adalah dengan adanya teknologi nuklir. Teknologi yang melibatkan reaksi inti atom sudah banyak di aplikasikan dalam berbagai hal. Banyak negara maju yang sudah menggunakan teknologi nuklir dalam berbagai aspek, mengingat teknologi nuklir sangat bermanfaat.

Di tanah air sendiri sejak tahun 1954 sudah dicetuskan mengenai pengembangan dan pemanfaatan dari teknologi nuklir. Di Indonesia terdapat Lembaga Pemerintahan non Kementrian yaitu Badan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN. Lembaga ini mempunyai tugas seperti melakukan penelitian, pengembangan dari teknologi nuklir. Nah biasanya orang mengetahui nuklir hanya digunakan untuk senjata, namun kenyataannya tidak hanya untuk senjata melainkan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang. Agar anda mengetahuinya, dibawah ini adalah manfaat teknologi nuklir dalam berbagai bidang.

bidang energi

Manfaat Teknologi Nuklir dalam Berbagai Bidang

Bidang Energi

Manfaat Teknologi Nuklir dalam bidang energi. Sudah lama Teknologi Nuklir digunakan sebagai pembangkit listrik. Negara maju seperti Jerman, Cina, Rusia, Jepang, Korea, Inggris, Amerika, dll sudah memanfaatkan tenaga nuklir sebagai kebutuhan pembangkit listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah pembangkit listrik thermal dengan panas yang di dapat dari satu atau bahkan lebih dari satu reaktor nuklir pembangkit listrik. Keuntungan dari PLTN ini di antaranya seperti tidak menghasilkan limbah berbahaya seperti karbon monoksida, mercury, nitrogen oksida, dan gas lainnya. Selain itu tenaga nuklir juga mampu bertahan lebih lama, menghasilkan tenaga yang lebih besar daripada bbm dan tidak menyebabkan efek gas emisi rumah kaca. Teknologi nuklir digunakan juga untuk kapal selam bertenaga nuklir, kapal induk bertenaga nuklir, dan lain sebagainya. Baca Juga Game Balap Terbaik Untuk Android

Bidang Industri

Manfaat teknologi nuklir juga di gunakan manusia dalam bidang industri. Sebagai contoh dengan teknologi nuklir manusia dapat melakukan proses ekspolrasi minyak dan gas, untuk menentukan sifat dari bebatuan yang ada di sekitar seperti litografi maupun porositas. Tidak hanya itu saja kemampuan dari radiasi energi nuklir juga dapat membantu perancangan konstruksi jalan, mengukur kelembapan dan kepadatan. Penggunaanya adalah seperti mengukur kepadatan tanah, aspal, serta beton dengan menggunakan celsium-137 sebagai sumber nuklirnya.

Bidang Hidrologi

Dalam bidang hidrologi pemanfaatan nuklir seperti untuk menguji kecepatan aliran sungai atau lumpur. Radioisotop dapat digunakan untuk mengukur debit air, biasanya natrium-24 yang digunakan dalam bentuk NaCl. Intensitas pada radiasi nuklir dapat di manfaatkan juga sebagai pendeteksi kebocoran pada pipa dalam bawah tanah. Radioisotop Na-24 mampu memancarkan sinar gamma yang dapat di deteksi secara langsung dengan menggunakan alat pencacah radioaktif Geiger Counter.

Bidang Kesehatan

Aplikasi pada bidang medis dengan menggunakan teknologi umumnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu diagnosa dan terapi radiasi. Sinar X contohnya yang di gunakan untuk perawatan bagi pasien yang menderita kanker. Tentu saja hal ini adalah pengembangan dari teknologi nuklir selama ini oleh para ilmuwan. Selain itu juga dapat untuk pencarian jejak radioaktif pada tubuh manusia dengan menggunakan Teknesium yang diberikan oleh molekul organik, serta berbagai aplikasi lainnya.

Nah itulah informasi Manfaat Teknologi Nuklir dalam Berbagai Bidang. Selama ini pengembangan teknologi nuklir tidak hanya diciptakan untuk keperluan perang, melainkan dapat berguna untuk keperluan manusia lainnya. Baca Juga Daftar Domain Gratis Terbaik

Loading...