Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

By Categories : Internet

Dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi memiliki banyak manfaat yang dapat diambil dalam kehidupan ini. Dengan hadirnya teknologi informasi dan komunikasi membuat orang-orang yang tersebar di seluruh wilayah di dunia dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.

Biasanya perbedaan bahasa dan lokasi yang mempengaruhi. Dalam dunia pendidikan TIK sudah diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar atau SD. Untuk itu ilmu positif TIK lebih baik diajarkan sejak usia dini dengan pengawasan orang tua dan guru, jika tidak maka munculah efek negatif internet.

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dukungan dalam Pembelajaran

Salah satu manfaat teknologi informasi dan komunikasi adalah sebagai dukungan dalam pembelajaran. Seperti pembahasan di atas, TIK diajarkan sejak bangku Sekolah Dasar. Dengan ini TIK menjadi salah satu pelajaran yang penting, karena mengingat teknologi yang semakin waktu semakin maju. Dengan begitu seseorang tidak buta akan teknologi yang ada, karena sudah diajarkan sejak kecil.

Kemudahan dalam Berkomunikasi

Berkomunikasi jarak jauh juga merupakan manfaat adanya TIK. Setiap orang dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan menggunakan surat elektronik (E-Mail), komunikasi melalui chatting dengan memanfaatkan sosial media yang ada, ataupun komunikasi dengan bertatap muka secara langsung melalui video call. Dengan begitu memungkinkan seseorang yang berada di luar daerah atau luar negeri dapat berkomunikasi dengan adanya teknologi informasi komunikasi.

Membantu Pekerjaan Manusia Lebih Mudah

Dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, pekerjaan manusia akan terbantu lebih mudah dan cepat. Misal saja seseorang jaman dahulu yang membuat suatu kerjaan dengan menggunakan mesin ketik maka membutuhkan waktu yang cukup lama dan keakuratan yang rendah, lain halnya dengan menggunakan komputer dan juga printer yang menjadikan sebuah pekerjaan lebih cepat dan efektif. Untuk mencari bahan biasanya sebagian orang mencarinya di internet.

Membantu dalam Bidang Penerbangan

TIk dalam dunia penerbangan berperan dalam membantu mengatur jadwal penerbangan yang ada, mengatur perubahan jadwal jika terjadi perubahan secara mendadak, mengatur sistem penjualan tiket secara online, serta mengatur komunikasi antara pilot dengan pusat penerbangan mengenai keadaan sewaktu penerbangan. Oleh karena itu TIK juga berperan dalam membantu dunia penerbangan yang membutuhkan komunikasi.

Meningkatkan Produktivitas dalam Kerjaan

TIK juga dapat digunakan dalam meningkatkan produktivitas kerjaan dalam suatau institusi. Hal-hal seperti perhitungan keuangan dapat dilakukan dengan bantuan komputer yang di dalamnya terdapat program yang dapat dimanfaatkan dalam menghitung keuangan. Selain itu proses transaksi yang dilakukan dapat melalui berbagai cara seperti melalui ATM, SMS Banking, dan juga Internet Banking. Dengan begitu kedua belah pihak tidak harus bertemu, dan hanya tinggal mengecek saja yang dapat menghemat waktu. Dengan begitu waktu tidak terbuang sia-sia dengan adanya TIK, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam sebuah pekerjaan.

Nah itulah pembahasan mengenai Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi, masih banyak lagi manfaat dari seputar TIK dalam berbagai bidang. Baca juga artikel menarik lainnya Game HD Android Terbaik

Loading...